Posted by Sub Bagian Hukormas at Oktober 7, 2021 3:57 pm Informasi Rumah Sakit

Sebagai salah satu Rumah Sakit Umum di Kabupaten Klaten, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) diwajibkan memberikan pelayanan yang paripurna kepada masyarakat Klaten dan sekitarnya. Salah satu pelayanan yang dibutuhkan masyarakat adalah pelayanan gangguan jiwa. Menurut Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan bahwa prevalensi gangguan mental emosional yang ditunjukkan dengan gejala-gejala depresi dan kecemasan adalah sebesar 6 persen untuk usia 15 tahun ke atas atau sekitar 14 juta orang. Sedangkan, prevalensi gangguan jiwa berat, seperti schizophrenia adalah 1,7 per 1000 penduduk atau sekitar 400 ribu orang.
Setelah 1 tahun Ruang Teratai dialih fungsikan menjadi ruang rawat inap pasien suspek Covid-19, pada hari Rabu, 6 Oktober 2021, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten kembali membuka pelayanan rawat inap bagi pasien dengan gangguan jiwa. Pembukaan Pelayanan Rawat Inap Pasien Jiwa Diresmikan langsung oleh direktur Utama RSST, dr. Endang Widyaswati, M. Kes dengan seremonial pemotongan tumpeng. Dalam sambutannya beliau mengucapkan syukur kepada Tuhan karena penurunan pasien covid-19 yang sangat signifikan di RSST. “Tercatat pada hari ini pasien terkonfirmasi covid-19 yang dirawat di RSST tinggal 4 orang, jadi kita bisa membuka bangsal-bangsal rawat inap kembali seperti semula” Tutur dr. Endang Widyaswati.
Di waktu yang sama, perwakilan dari dinas sosial mengatakan bahwasanya beliau sangat senang sekali dengan dibukanya kembali pelayanan bangsal jiwa ini. Beliau sangat berharap semoga RSST bisa membantu banyak melayani klien-kliennya terutama klien yang mengalami gangguan jiwa.