Ramainya Pusat Perbelanjaan di Tengah Pandemi COVID-19

Tim PKRS RSST – Trending topic di media sosial pada hari-hari menjelang lebaran yaitu beberapa pasar dan pusat perbelanjaan ramai di datangi masyarakat meski di tengah pandemi Virus Corona seperti ini. Mayoritas pengunjung memadati area bahan pangan dan pakaian.

Masyarakat sebenarnya sudah dihimbau untuk menghindari kerumunan dan menjalankan aktivitas di rumah demi memutus rantai penyebaran COVID-19.

Akan tetapi, himbauan tersebut tidak diterapkan oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Beberapa dari masyarakat melanggar aturan tersebut. Melihat hal tersebut, wajar jika banyak masyarakat yang selama ini patuh terhadap aturan untuk mencegah persebarannya merasa sangat kecewa.

Tanpa ada kerja sama, tanpa ada disiplin, pandemi ini sulit dikendalikan. Pemerintah terus mengingatkan bahwa saat ini merupakan masa-masa kritis dan waktu yang sangat krusial bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat harus benar-benar mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah agar mata rantai penyebaran COVID-19 bisa benar-benar terputus. Sehingga, nantinya masyarakat pun dapat kembali menjalani kehidupan normal seperti sebelumnya.

Tetap laksanakan protokol kesehatan secara terus menerus yaitu laksanakan physical distancing; pergunakan masker; rajin mencuci tangan; tingkatkan imun tubuh dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, rutin olahraga dan istirahat cukup; serta menghindari kerumunan / keramaian massa. (Hn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/20/102700965/mengurai-corona-dari-ramainya-pusat-perbelanjaan-hingga-ancaman-kluster
  2. https://www.merdeka.com/jabar/mendekati-lebaran-ini-5-potret-mall-yang-ramai-di-tengah-pandemi.html
  3. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5022664/jelang-lebaran-di-tengah-pandemi-pusat-perbelanjaan-pati-dipadati-pengunjung
  4. https://tirto.id/ketahui-protokol-kesehatan-penanganan-corona-covid-19-eFtj