Tim PKRS RSST – Wabah Virus Corona COVID-19 membuat sebagian orang khawatir cek kesehatan di klinik atau Rumah Sakit (RS). Salah satu alasannya karena takut tertular oleh virus dari salah satu pasien atau tenaga medis yang ada di fasilitas kesehatan.

Dan perlu kita ketahui, semenjak pandemi COVID-19 menyebar luas, kekhawatiran orang-orang akan tertular juga semakin meningkat. Sebisa mungkin, mereka berusaha menghindari tempat-tempat yang mungkin bisa menjadi sumber penularan. Salah satunya adalah Rumah Sakit.

Hal itu tidak perlu dikhawatirkan sebab Rumah Sakit justru telah meningkatkan prosedur keamanan sesuai protokol kesehatan dalam berbagai cara.

Jadi kapan kita harus cek kesehatan karena sakit di masa pandemi ini?

Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang sangat darurat, hal pertama yang harus diperhatikan adalah bila terjadi gangguan atau masalah kesehatan mendadak dan kondisinya semakin parah. Semisal pada kondisi serangan jantung, contohnya apabila terasa nyeri dada seperti dihimpit yang kemudian terus menjalar ke bagian tubuh lain, maka sesegera mungkin untuk tidak menunda melakukan pemeriksaan.

Berikut adalah beberapa panduan di saat harus cek kesehatan ke klinik dan Rumah Sakit :

  1. Kondisi darurat dan harus mendapat penanganan segera.
  2. Pakai masker dan bawa hand sanitizer, bila tidak yakin akan mudah menemukan tempat cuci tangan dengan air mengalir serta sabun.
  3. Hindari sentuh muka atau memperbaiki letak masker bila belum cuci tangan.
  4. Hindari pegang barang-barang di Rumah Sakit.
  5. Aktif jaga jarak dengan orang lain minimal 1 (satu) meter.
  6. Melakukan pendaftaran melalui online, jika ada. untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, tanpa harus mengantri terlebih dahulu dengan pasien lainnya. (Dn)

 

 

 

 

 

Referensi :

www.detikhealth.com