dr. Puska Primi Ardini, Sp.OG (K) – Bagaimana saya tahu kapan saya subur?

Pola dan ciri-ciri lendir leher rahim anda akan menunjukkan apakah anda dalam masa subur atau tidak :

–      Setelah menstruasi, terasa kering, dan tidak ada lendir menandakan masa tidak subur.

–      Lendir berupa serpihan, pekat, lengket, jarang-jarang, dan tidak berubah dari hari ke hari juga menandakan masa tidak subur.

–      Lendir yang berbeda dari dua pola di atas menandakan terjadinya perubahan tingkat kesuburan. Jika lendir terasa licin dan basah, terlihat seperti putih telur mentah dan dapat direntangkan sampai benang tipis sebelum akhirnya putus, maka kemungkinan besar saat itu anda dalam keadaan paling subur.

Bagaimana saya mendapati lendir tersebut?

Anda akan mendapati lendir pada mulut vagina. Anda tidak perlu merasakan bagian dalam vagina, hal itu akan membingungkan karena vagina selalu dalam kondisi basah. Periksalah lendir secara rutin sepanjang hari. Kenali ciri-ciri lendir yang keluar dan sensasinya pada vulva. Anda akan segera terbiasa memperhatikan kesuburan diri.

Bagaimana hubungan antara lendir yang menunjukkan ciri-ciri masa subur dan ovulasi?

Sekitar enam hari sebelum ovulasi, lendir serupa putih telur mentah, licin, dan seperti benang mulai tampak. Lendir subur ini muncul akibat meningkatnya hormon estrogen yang mempengaruhi leher rahim. Lendir tersebut penting untuk pergerakan sperma dan memelihara daya pembuahan sperma. Sehingga lendir itu dapat digunakan sebagai penanda akan datangnya masa subur. Puncak kesuburan,  hari puncak bukan pada saat lendir terbanyak. Ini adalah kesalahan yang umum terjadi.

Apakah lendir masa subur selalu tampak bening?

Tidak, lendir masa subur bisa keruh, atau bisa juga agak merah, merah jambu, atau coklat karena pengaruh bercak darah yang muncul tepat sebelum ovulasi terjadi.

Meskipun tampilannya beragam, lendir masa subur selalu menyerupai putih telur mentah dan licin atau seperti pelumas. Terkadang beberapa wanita tidak melihat lendir tapi merasakan sensasi yang licin, pertanda mereka sedang subur.

Mudahkah mengamati lendir?

Sebagian besar wanita melihat dan juga merasakan berbagai jenis lendir selama siklusnya. Hanya beberapa wanita saya yang mengatakan melihat sedikit lendir, itu pun kalau ada, tapi jelas-jelas merasakan sensasinya.

Apakah sres mempengaruhi pola lendir?

Stres karena gangguan emosi atau sakit dapat menunda ovulasi dan memperpanjang waku siklus. Kerja keras juga dapat mengganggu ovulasi dan menstruasi. Belum tergukti stres mempercepat ovulasi.

Apakah pengetahuan saya mengenai pola lendir dapat membantu saya mengetahui adanya infeksi atau penyakit lain?

Ya. Wanita dapat mengenali proses tubuhnya yang wajar akan segera tahu kalau ada yang tidak beres. Jika pola lendir mengalami perubahan mencolok, misalnya tiba-tiba keluar sangat banyak, atau warna dan baunya berubah, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter. Perubahan pola itu mungkin akibat munculnya suatu yang tidak normal, seperti kista pada indung telur atau infeksi.

Apakah obat berpengaruh pada lendir?

Ya, secara tidak langsung obat-obatan berikut dapat mempengaruhi pola lendir dengan efek yang berbeda-beda pada setiap wanita :

–      Beberapa obat penenang, seperti largaktil, karena berkhasiat menaikkan kadar prolaktin yang menyebabkan ovulasi tertunda.

–      Hormon, misalnya progesterone dan beberapa jenis estrogen.

–      Antihistamin (hanya sebagian wanita yang terpengaruh).

–      Obat-obat sitotoksik yang digunakan untuk pengobatan kanker, obat-obat ini mencegah produksi lendir dengan mempengaruhi kerja indung telur secara langsung.

–      Antibiotika, para wanita yang menggunakan antibiotik untuk sakit keras, kadang-kadang melihat pola lendirnya berubah. Perubahan ini adalah akibat rasa cemas terhadap penyakitnya, bukan karena obat itu sendiri. Wanita yang terus menerus menggunakan antibiotik untuk penyakit kronis tetap dapat mengenali pola lendirnya dengan baik.

Apakah cairan penyemprot dan pembilas vagina dapat mengubah pola lendir?

Ya, kedua cairan itu menimbulkan rasa basah yang mungkin membingungkan anda ketika menafsirkan lendir. Cairan tersebut juga dapat menimbulkan alergi atau peradangan, menyebabkan infeksi yang mengubah pola lendir.

Meskipun kebersihan sangat penting bagi kesehatan dan patut diperhatikan dalam hubungan seksual, namun tidak perlu dan tidak disarankan menggunakan kedua jenis cairan tersebut untuk membersihkan vagina. Vagina dapat membersihkan dirinya sendiri, sehingga membasuh bagian luarnya saja sudah cukup.

Perubahan apakah yang mungkin terjadi pada lendir setelah kuretase?

Stres akibat kuretase mungkin menunda ovulasi dan karena itu membatalkan produksi lendir masa subur. Disarankan anda menghindari hubungan seksual sampai ovulasi diketahui, karena mungkin pola lendir untuk sementara terganggu dan tidak dapat dikenali.

Mengapa saya merasa lebih bergairah untuk berhubungan seksual ketika masa subur?

Lendir masa subur sangat licin seperti pelumas dan karena itu baik sekali untuk berhubungan seksual. Mungkin itulah sebabnya mengapa gairah meningkat saat itu. Faktor lain yang mungkin dirasakan oleh beberapa pasangan adalah munculnya bau yang menggairahkan dari lendir masa subur serta membesarnya jaringan di sekitar vagina. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon estrogen yang dihasilkan oleh indung telur pada masa subur.

Kadang saya melihat ada sedikit perdarahan sekitar dua minggu sebelum menstruasi. Apakah artinya?

Bercak darah tersebut dapat menandakan datangnya ovulasi. Hal ini terjadi karena tingginya kadar hormon estrogen yang mempengaruhi dinding rahim dan menyebabkan sedikit darah merembes sehari atau dua hari sebelum menstruasi.

Berapa harikah rata-rata masa subur pasangan dalam satu siklus menstruasi?

Tiga sampai enam hari. Kajian-kajian ilmiah menunjukkan bahwa sel telur bertahan hidup selama 12 jam dan sel sperma mampu membuahi dalam waktu 3 sampai 5 hari bila didukung lendir masa subur leher rahim. Karena itu hubungan seksual yang dilakukan pada saat ovulasi atau 3 hingga 5 hari sebelum dan sesudah ovulasi, sebelum sel telur mati dapat menyebabkan kehamilan.