dr. Phitra Sekar Dianggra, Sp.GK – Apa sih sebenarnya komposisi kental manis ini?

Kental manis yang sebelumnya dikenal sebagai susu kental manis adalah susu yang dikurangi kadar airnya lalu ditambah dengan gula dan bahan pengental.

Komposisi Kental Manis :

  • 43-48% gula sukrosa (50% glukosa dan 50% fruktosa)
  • 8% lemak susu
  • 6.5% protein susu
  • 10% laktosa susu
  • Sisanya air dan bahan2 lainnya

Kenapa BPOM melarang kental manis diseduh dan diminum langsung? Apakah ada kandungan zat yang berbahaya?

Jadi yang dipermasalahkan BPOM itu bukan ada zat yang berbahaya, hanya saja kandungan gulanya yang tinggi tersebut akan meningkatkan beberapa risiko penyakit seperti diabetes, obesitas, caries gigi pada anak dan kandungan kalsium dan protein jauh lebih rendah dari susu bubuk atau susu segar, sehingga banyak kasus stunting pada anak-anak akibat salah dalam pemilihan susu. Selain itu makanan yang tinggi sukrosa dapat memicu penyakit-penyakit degeratif lainnya yaitu hipertensi, DM, obesitas dan gagal ginjal (pada dewasa).

4 sendok kental manis = 19 gram gula, padahal kebutuhan  gula anak-anak sekitar 13-25 gram (sudah termasuk cemilan dan masakan).

100 gram kental manis sama dengan : 5x kalori susu murni, 11x jumlah karbo di susu murni.

Larangan BPOM hanya cara penyajiankah?

Tidak hanya itu, ada beberapa larangan BPOM terkait si kental manis ini sesuai dengan Surat Edaran BPOM No. HK.06.5.51.511.05.18.2000 tahun 2018.

  • Dilarang menampilkan anak-anak usia di bawah 5 tahun.
  • Dilarang menggunakan visualisasi produk susu kental dan analog (kategori pangan 01.3) disetarakan dengan produk susu lain sebagai penambah dan pelengkap gizi. Produk lain seperti susu sapi, susu formula, susu pertumbuhan.
  • Dilarang mennggunakan visualisasi gambar susu cair dan atau susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman.
  • Khusus untuk iklan dilarang ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak.

Berarti bagaimana cara konsumsi kental manis yang tepat?

  • Untuk campuran pembuatan puding dan roti.
  • Sebagai toping pembuatan puding, roti, martabak, pisang, dan lain sebagainya.
  • Dapat digunakan sebagai campuran pembuatan teh, kopi dan coklat.

Tips cara pemilihan susu yang baik?

  1. Pilihlah susu murni, susu bubuk atau susu cair yang terpasteurisasi yang disesuaikan dengan umur dan kebutuhan.
  2. Untuk bayi dan anak yang sedang proses masa penyapihan ibu atau kondisi tertentu yang membutuhkan tambahan formula, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak atau dokter gizi agar dapat disarankan sesuai kebutuhan.
  3. Untuk dewasa dan lansia baik sebagai tambahan sehari-hari atau penyembuhan, mencari jenis susu yang komposisi disesuaikan kebutuhan.
  4. Jika masih ragu bisa berkonsultasi dengan dokter gizi / ahli gizi supaya pemilihan lebih tepat.
  5. Cara pembuatan susu dari bubuk atau dari kemasan yang benar adalah dengan air hangat kuku, bukan air panas atau dipanaskan dalam waktu yang lama karena akan merusak protein susu.