Proper Body Mekanik (PBM) Pada Kondisi Low Back Pain (LBP)

Sriyani Setyaningsih, A.Md.OT – Proper Body Mekanik (PBM) adalah cara bagaimana kita memposisikan tubuh dengan benar pada saat kita sedang berbaring, duduk ataupun berdiri dan bagaimana kita menggerakkan tubuh dengan tepat pada saat kita bekerja atau melakukan berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari. Low Back Pain (LBP) adalah nyeri pinggang yang sering terjadi akibat gangguan pada tulang dan otot pinggang.

Berikut beberapa posisi yang benar dalam beraktivitas :

Posisi Tidur

  • Posisi Tidur Berbaring Terlentang

Tempatkan bantal di bawah lutut dan di bawah kepala untuk mengganjal leher.

  • Posisi Berbaring Miring

Tempatkan bantal di antara lutut dan di bawah kepala untuk mengganjal leher.

  • Posisi Tengkurap

Tempatkan bantal di bawah lutut dan kepala untuk mengganjal leher.

Posisi Bangun Dari Tidur (Log Roll)

  • Berbaring terlentang, tekuk lutut kiri dan tempatkan tangan kiri pada dada.
  • Putar seluruh tubuh ke kanan dalam satu gerakan.
  • Angkat tubuh anda dengan bertumpu pada tangan kiri.

Posisi Duduk

  • Duduk dengan punggung tegak dan kepala menghadap ke depan.
  • Bahu dalam keadaan rileks dan hindari posisi miring.
  • Tempatkan bantal kecil untuk mengganjal pinggang.
  • Pertahankan posisi panggung setinggi lutut.
  • Bangun dari duduk dan sering-sering ganti posisi bila harus duduk dalam waktu yang lama.
  • Hindari posisi duduk dengan kaki menyilang untuk waktu yang lama.

Posisi Berdiri

  • Kedua kaki dalam posisi mendatar pada lantai dengan jarak kedua kaki sekitar 30 cm.
  • Bahu tidak terangkat dan arahkan ke belakang, dada membusung ke depan, dan punggung tetap lurus.
  • Posisi telinga dan bahu dalam satu ke segarisan posisi panggul dan pergelangan kaki juga dala satu ke segarisan.
  • Jangan membungkuk ataupun memposisikan kepala maju ke depan.

Aktivitas Menyapu

Aktivitas Mengangkat Barang

  • Beri jarak antar kedua kaki dengan salah satu kaki sedikit di depan kaki yang lain.
  • Pertahankan punggung dalam posisi lurus.
  • Tekuk paha dan lutut, jangan tekuk pinggang anda.
  • Angkat barang menggunakan otot lengan dan kaki.
  • Tempatkan barang tersebut sedekat mungkin dengan tubuh anda setinggi pinggang.
  • Gunakan cara yang sama saat mendorong atau menarik barang yang berat.

JANGAN

  • Mengangkat barang dengan gerakan memutar / menyamping.
  • Mengangkat barang dengan posisi membungkuk / posisi tidak seimbang.