Tim PKRS RSST – Ruang publik adalah tempat orang berkumpul dari berbagai lokasi, rentan menjadi klaster penyebaran baru Virus Corona. Tetap waspada terhadap potensi penyebaran baru COVID-19 dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Tetap disiplin protokol kesehatan adalah cara aman jika harus berada di ruang publik saat ini.

Ruang publik yang berpotensi sebagai penyebaran baru, antara lain seperti : ruang kantor, restoran dan moda transportasi massal. Masyarakat pekerja dan pengelola bangunan kantor perlu mencermati beberapa situasi di lingkungannya. Tidak hanya protokol kesehatan, seperti : jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan dilakukan selama bekerja di kantor. Beberapa hal lain perlu mendapatkan perhatian saat kita bekerja di ruangan, antara lain seperti :

  1. Pengisian ruang dengan jumlah orang, untuk meyakinkan bahwa setiap pekerja di kantor itu bisa menjaga jarak.
  2. Interaksi para pekerja di ruangan yang lama akan berpeluang untuk terjadinya penularan. Oleh karena itu, menjaga jarak dan tetap menggunakan masker sepanjang berada di ruang pekerjaan menjadi sesuatu yang mutlak di
  3. Pengaturan ventilasi dan sirkulasi udara penting untuk pencegahan, seperti pendingan udara. Pendingin udara sebisa mungkin tidak sepanjang waktu. Pengaturan pendingin udara dapat dimulai pada jam tertentu dan diupayakan juga setiap hari. Desain ruangan pada sebuah bangunan juga akan mempengaruhi cara kerja ventilasi maupun sirkulasi udara.
  4. Pekerja kantor mungkin mengalami saat waktu istirahat pada siang hari. Mereka bertemu di suatu tempat untuk makan siang pada waktu yang relatif bersamaan. Terdapat potensi penyebaran di tempat makan atau restoran. Oleh sebab itu, tetap usahakan dapat membawa bekal makan siang sendiri.

Meskipun di tengah pandemi, sebagian besar masyarakat dihadapkan pada pekerjaan yang menuntut produktivitas. Menyikapi situasi ini, masyarakat harus tetap aman dari COVID-19 dengan menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Menjaga jarak, menggunakan masker dan rajin mencuci tangan. (Hn)

 

 

 

 

 

Refensi                  :

  1. instagram.com/kemenkes_ri
  2. https://covid19.go.id/