Ririn Yulianti, S.SiT, M.Si – Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

4 (Empat) Pilar Gizi Seimbang :

  1. Mengkonsumsi makanan beragam.
  2. Membiasakan perilaku hidup bersih.
  3. Melakukan aktivitas fisik.
  4. Mempertahankan dan memantau berat badan normal.

10 (Sepuluh) Pesan Umum Gizi Seimbang :

  1. Syukuri dan nikmati keanekaragaman makanan.
  2. Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan.
  3. Biasakan mengkonsumsi lauk-pauk yang mengandung protein tinggi.
  4. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok.
  5. Batasi komsumsi pangan manis, asin, dan berlemak.
  6. Biasakan sarapan
  7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman.
  8. Biasakan membaca label pada kemasan pangan.
  9. Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir.
  10. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal.

Fungsi Makanan Gizi Seimbang :

  1. Zat Tenaga

Zat tenaga paling utama adalah karbohidrat. Karbohidrat banyak terdapat pada makanan pokok seperti padi, jagung, kentang, singkong, sagu, gandum serta semua makanan yang terbuat dari bahan-bahan tersebut seperti roti, nasi, mie, kue.

  1. Zat Pengatur

Zat pengatur berguna untuk mengatur organ tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Terdiri dari vitamin dan mineral. Zat pengatur banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan.

  1. Zat Pembangun

Zat pembangun berfungsi untuk pembentukan, pertumbuhan dan pemeliharaan organ tubuh. Zat pembangun yang utama adalah protein seperti daging, telur, ikan, susu, kedelai, kacang hijau, kacang tanah dan semua makanan hasil olahannya.

 

“GIZI SEIMBANG, BANGSA SEHAT BERPRESTASI”