Posted by Sub Bagian Hukormas at Desember 21, 2020 11:57 am Informasi Rumah Sakit

Klaten – ( 21/12 ) Hari Jadi RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten diperingati setiap tanggal 20 Desember, dan tahun ini RSST menapakkan kaki di usianya yg ke 93 tahun. Di usia yang bisa dibilang matang ini RSST selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanannya dalam berbagai macam cara sesuai dengan semboyan yang selalu dibawa oleh Direktur Utama, dr. Endang Widyaswati, M.Kes yaitu “Berbenah tanpa lelah, Berinovasi tanpa henti”.

Sesuai dengan semboyan tersebut, dalam 93 tahun perjalanannya RSST telah melakukan beberapa inovasi berbasis IT seperti peluncuran pembayaran cashless yaitu dengan penggunakan “Link Aja”, penerapan E-office yaitu sistem TNDE yang menjadi salah satu wujud dari pelaksanaan sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE) di Kementerian Kesehatan serta penerapan E-Rekam Medis. Selain itu demi memenuhi kebutuhan masyarakat terutama Lansia, bertepatan dengan peringatan HUT yg ke 93 ini RSST membuat inovasi baru bernama Homecare “Sowan Simbah”. Homecare “Sowan Simbah” ini merupakan pelayanan continue of care sebagai tindak lanjut pelayanan pada lansia pasca rawat inap dari rumah sakit dimana karena suatu hal tidak dapat melakukan pemeriksaan rawat jalan langsung ke rumah sakit. Tujuan dari pelayanan ini tidak lain untuk memudahkan, mendekatkan dan menghindari resiko terpaparnya beberapa kemungkinan penyakit, termasuk risiko jatuh dll.

Dengan adanya adaptasi kebiasaan baru, peringatan HUT RSST ke 93 kali ini dilaksanakan dengan menggelar Upacara yang hanya dihadiri oleh Direksi, pejabat struktural dan beberapa petugas upacara di halaman depan RSST, Senin 21 Desember 2020, sedangkan seluruh pegawai RSST mengikuti upacara secara virtual disatuan kerja masing-masing. Meskipun dilaksanakan secara virtual hal ini tidak mengurangi rasa khidmat dan syukur seluruh civitas hospitalia RSST dalam memaknai hari jadi yg ke 93.

Selain upacara peringatan dan inovasi-inovasi yang telah dibuat, masih dalam rangka HUT ke 93, RSST menyelenggarakan beberapa kegiatan lain seperti seminar nasional dan puncak acara yg dilaksanakan di Gedung pertemuan Lt 2 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yg ketat. Kegiatan lomba lomba pun turut digelar untuk menyemarakkan HUT RSST seperti lomba Fotografi, lomba Kreasi video, lomba RSST Idol dan lomba menghias Hampers New Normal Kit.

Tak lupa, program karyawan peduli  lingkungan diwujudkan dengan penanaman pohon bougenvil yang dibawa oleh setiap unit kerja untuk ditanam disekitar area rumah sakit.