Klaten, Selasa, 10 Mei 2022, Dalam rangka memperingati hari lupus sedunia, Tim Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) menyelenggarakan penyuluhan kesehatan dengan judul “Perawatan Penyakit Lupus ”. Narasumber Ns. Imamah Indah Cahyani,S.Kep. Acara diselenggarakan di ruang tunggu Lily RSST.

Sahabat sehat pernah mendengar penyakit Lupus ? Ya, Lupus merupakan penyakit yang menyerang sistem imunitas di mana jaringan tubuh dianggap sebagai benda asing. Tubuh orang yang menderita lupus akan memproduksi antibodi dengan jumlah yang sangat besar. Antibodi ini malah menyerang tubuh dengan merusak sel-sel sehat sehingga membuat penderitanya kerap mengalami peradangan dan infeksi pada sistem jaringan tubuh.

Yuk kenali gejala penyakit Lupus yaitu ruam kemerahan pada pipi hingga hidung, sensitif terhadap cahaya matahari, nyeri atau sendi bengkak, anemia, sariawan, rambut rontok serta demam.

Bagaimana cara perawatan penderita Lupus ?

-Hindari aktivitas fisik yang berlebihan

-Hindari merokok

-Hindari stres dan trauma fisik

-Diet khusus sesuai organ yang terkena

-Hindari paparan sinar matahari secara langsung, khususnya UV pada pukul 10.00 hingga 15.00

-Gunakan pakaian tertutup dan tabir surya minimal SPF 30PA++ 30 menit sebelum meninggalkan rumah

-Hindari paparan lampu UV

-Hindari pemakaian kontrasepsi atau obat lain yang mengandung hormon estrogen

-Kontrol secara teratur ke dokter

-Minum obat secara teratur

 Lupus merupakan penyakit tidak menular, penyakit ini dapat dikendalikan sehingga penderita dapat menjalani kehidupannya secara mandiri. Peranan keluarga dan orang-orang terdekat merupakan satu hal yang penting untuk disampaikan kepada keluarga ODAPUS (Orang dengan Lupus).

Antusias peserta sangat baik, ada umpan balik pertanyaan dari pasien kepada narasumber.