Mempertahankan gigi selama mungkin, telah menjadi gaya hidup masyarakat masa kini. Di masa lalu masyarakat cenderung untuk mencabut gigi yang bermasalah seolah-olah tidak ada perawatan lain selain pencabutan dan penggantian menggunakan gigi tiruan.

Saat ini apabila memungkinkan, masyarakat justru cenderung berkeinginan untuk selama mungkin mempertahankan gigi di dalam rongga mulut sebab mereka juga merasakan bahwa menggunakan gigi palsu atau gigi tiruan kadang tidak nyaman.

Meskipun demikian, harus diakui bahwa kadangkala ada situasi yang tidak memungkinkan untuk mempertahankan gigi. Beberapa kondisi tersebut diantaranya adalah keterbatasan sumber daya baik tenaga dokter gigi maupun sarana pendukungnya.

Perawatan saluran akar (endodontik) membutuhkan daya dukung sarana (alat dan obat) yang cenderung lebih banyak, relatif mahal dan merepotkan bagi beberapa sejawat dokter gigi sehingga dengan segala pertimbangan maka dokter gigi memutuskan untuk melakukan pencabutan gigi sebagai upaya untuk menghilangkan potensi infeksi yang berasal dari gigi (infeksi odontogenik).

Jadi secara umum yang disebut dengan perawatan endodontik adalah suatu perawatan untuk mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut dalam kondisi sehat, bebas dari infeksi dan dapat berfungsi optimal.

Pada saat ini RSST juga telah membuka pelayanan gigi dan mulut spesialistik terpadu, khususnya perawatan endodontik. Melalui Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), Instalasi Pemasaran dan Humas, RSST mengisi siaran kesehatan pada Live Talkshow Dokter Menyapa ADiTV Yogyakarta pada Hari Senin, 23 April 2018 di Grand Studio ADiTV yang beralamatkan di Jl. Raya Tajem Km 3 Wedomartani Sleman Yogyakarta.

Tema yang dibahas yaitu seputar perawatan endodontik di RSST dengan narasumber drg. Dimas Cahya Saputra, Sp.KG. Materi yang dibahas meliputi pengertian, kapan waktu melakukan perawatan endodontik, bagaimana jika gigi hasil perawatan endodontik kambuh lagi, dan lain sebagainya.

Antusiasme masyarakat pun sangat luar biasa, terbukti dari banyaknya masyarakat yang mengajukan pertanyaan kepada dokter narasumber melalui saluran telepon ke program Dokter Menyapa.

Talkshow Dokter Menyapa merupakan salah satu program Unit PKRS, Instalasi Pemasaran dan Humas dalam rangka memberikan informasi kesehatan dan pelayanan kesehatan yang ada di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten yang dilaksanakan setiap 2 (dua) bulan sekali.