Ririn Yulianti, S.SiT, M.Si – Air berperan sangat penting bagi tubuh manusia, dan di dalam panduan gizi seimbang, air merupakan salah satu unsur yang harus selalu ada.

Beberapa manfaat air yang dibutuhkan tubuh :

  1. Membentuk sel dan cairan tubuh. Sebesar 70-85% komponen utama sel tubuh adalah air. Air juga berperan besar dalam darah yang mengandung air sebesar 83%, cairan lambung, hormon, enzim, otot dan berguna untuk membantu kontraksi otot.
  2. Mengatur suhu tubuh. Air membantu mengatur suhu tubuh agar tetap stabil, dengan cara menghasilkan panas, menyerap dan menghantarkan panas ke seluruh tubuh. Serta membantu mendinginkan tubuh melalui penguapan dari paru-paru dan permukaan kulit sehingga membawa kelebihan panas keluar dari tubuh.
  3. Melarutkan dan membantu proses pencernaan makanan.
  4. Air berfungsi sebagai pelumas bagi persendian sehingga dapat meredam gesekan antar sendi, dan menjadi bantalan bagi setiap jaringan tubuh.
  5. Alat transportasi untuk membantu pertumbuhan dan regenerasi sel, membantu penyebaran oksigen di dalam tubuh, dan sebagai alat transportasi untuk mengeluarkan gas karbondioksida.
  6. Sebagai media untuk membuang sisa metabolisme tubuh melalui saluran kemih, saluran cerna, saluran napas dan kulit.

Bagaimana mengetahui tubuh kekurangan cairan?

Untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan, terbilang mudah. Tanda awal yang umumnya dirasakan ketika seseorang kekurangan cairan adalah merasa haus dan urine berwarna lebih gelap dari biasanya.

Gejala lain yang mungkin juga dirasakan ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik yaitu merasa pusing, sakit kepala, mulut, bibir, dan mata terasa kering, buang air kecil dengan jumlah dan intensitas yang jarang, kurang energi, dan kelelahan.

Kondisi dan aktifitas khusus tubuh membutuhkan air yang lebih banyak?

Beberapa kondisi dan aktivitas khusus yang membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air dibandingkan biasanya, antara lain :

  • Berolahraga atau aktif secara fisik.
  • Mengalami demam, diare, atau muntah-muntah.
  • Cuaca yang sangat panas.
  • Wanita hamil dan menyusui.

Bagimana tips memenuhi kebutuhan air putih setiap hari?

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memperoleh manfaat minum air putih seperti yang dijelaskan di atas, yaitu :

  • Membiasakan minum air putih tiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan.
  • Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang anda bawa saat aktivitas tiap hari. Dengan demikian, anda akan teringat untuk mengonsumsinya.
  • Apabila kurang suka air putih bisa dengan menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water.