Penyuluhan Kesehatan Tema Mengenal Tanda dan Gejala Tonsilitis

Sobat sehat apakah tonsilitis itu? Pasti sobat sehat sebagian pernah mendengar kata itu. Tonsilitis disebut juga dengan radang amandel. Apa sebenarnya tonsilitis? Tonsilitis adalah peradangan pada tonsil (amandel) yang disebabkan oleh masuknya bakteri dan virus yang menyerang tenggorokan. Penyebabnya karena infeksi virus dan infeksi bakteri.

Tanda dan gejala yang dijumpai adalah nyeri tenggorokan, demam, sakit kepala, mual, muntah, tidak nafsu makan, sulit menelan, pembesaran / pembengkakan tonsil.

Bila terjadi tonsilitis apabila tidak diobati mengakibatkan otitis media akut, sinusitis, laringitis, rhinitis.

Untuk mencegah terjadinya tonsilitis dapat dilakukan dengan mencuci tangan, hindari berbagi makanan, peralatan makan / minum atau barang orang lain yang menderita infeksi saluran nafas, hindari kontak secara langsung dengan penderita infeksi tenggorokan.

Untuk meningkatkan pengetahuan tentang mengenal tanda dan gejala tonsilitis maka dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan di ruang tunggu melati 3 bersama Tim PKRS RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro. Peserta kegiatan penyuluhan dihadiri oleh keluarga pasien. Sebagai bentuk evaluasi ada umpan balik dari peserta.