Tim Humas – Pandemi COVID-19 membuat hampir semua orang di seluruh dunia mengalami ketidakpastian akan kondisi kesehatannya. Pasalnya, Virus Corona yang telah menyerang jutaan orang di berbagai negara bisa menyerang siapa saja. Beberapa kelompok orang bahkan lebih rentan untuk terkena penyakit ini.

Banyak orang beranggapan bahwa dirinya aman dari infeksi selama tidak berdekatan dengan orang yang sedang sakit, atau merasa dirinya jauh dari penyakit karena masih berusia muda. Karena alasan itulah asuransi kesehatan jarang dilirik dan diminati.

Padahal, penyakit bisa datang kapan saja dan kadang tanpa diduga. Memiliki asuransi kesehatan akan sangat meringankan biaya pengobatan dan secara tidak langsung dapat turut memelihara kesehatan kita dan keluarga, terlebih di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Memang benar, tidak ada satu orang pun yang ingin jatuh sakit atau mengidap suatu penyakit, baik penyakit yang ringan maupun penyakit yang parah atau kronis. Akan tetapi, tanpa sadar kita sering kali menjalani pola hidup yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi makanan siap saji, sering begadang, stres, dan jarang berolahraga. Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut dapat memicu beragam penyakit kronis dan membuat daya tahan tubuh lemah sehingga rentan terserang penyakit infeksi, termasuk COVID-19. Karena alasan itulah, perlindungan asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga itu penting.

Alasan Asuransi Kesehatan Sangat Penting, Khususnya di Tengah Pandemi :

Berikut ini adalah 4 (empat) alasan mengapa kamu harus memiliki asuransi kesehatan :

  1. Memberikan perlindungan untuk diri sendiri dan keluarga.

Memiliki asuransi kesehatan adalah bukti bahwa kita mencintai keluarga kita. Tidak ada yang bisa menjamin bahwa kita akan selalu dalam kondisi sehat dan bisa mencari nafkah untuk keluarga.

Asuransi kesehatan bisa sangat meringankan biaya yang harus kita keluarkan untuk pengobatan dan perawatan. Beberapa asuransi kesehatan bahkan akan memberikan tunjangan selama kita sakit, sehingga kebutuhan keluarga kita bisa tetap terpenuhi meskipun kita tidak bisa mencari nafkah selama sakit.

Di masa pandemi COVID-19 ini, penderita penyakit kronis sangat rentan terkena infeksi Virus Corona dan bisa mengalami gejala yang berat. Oleh sebab itu, penderita penyakit kronis perlu menjalani pengobatan secara rutin agar kondisinya tetap terkontrol.

Di sinilah peran asuransi kesehatan dalam menjaga kesehatan kita. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita tidak perlu pusing memikirkan biaya pemeriksaan, pengobatan, dan perawatan rutin bila terkena penyakit kronis. Dengan begitu, kondisi penyakit kita dapat tetap terkontrol.

Asuransi kesehatan juga bisa menjamin biaya rawat inap, pengobatan penyakit kritis, operasi, dan penanganan kecelakaan yang tidak terduga. Bahkan, sebagian asuransi kesehatan juga menjamin biaya pemeriksaan kehamilan dan persalinan, serta imunisasi untuk bayi dan anak-anak.

  1. Terhindar dari masalah ekonomi karena penyakit.

Beberapa jenis penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan stroke, mengharuskan kontrol secara rutin. Terkadang, diperlukan juga konsultasi dengan lebih dari satu dokter ahli untuk penanganan yang optimal. Hal ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dalam kondisi seperti ini, asuransi kesehatan bukan hanya memungkinkan kita untuk mendapatkan penanganan semaksimal mungkin, tetapi juga bisa melindungi kondisi keuangan kita dan menghindarkan keluarga kita dari masalah ekonomi akibat penyakit yang kita derita.

Pandemi COVID-19 menimbulkan dampak yang cukup besar pada kondisi perekonomian secara umum. Tidak sedikit orang yang mengalami penurunan pendapatan yang drastis atau bahkan kehilangan pekerjaan. Jika tengah mengalami situasi seperti itu, kita akan makin kesulitan bila kita atau keluarga kita sampai terinfeksi Virus Corona. Tanpa asuransi kesehatan, bukannya tidak mungkin kita akan terjerumus dalam masalah keuangan yang pelik.

  1. Mengurangi stres

Dalam kondisi seperti sekarang, semua orang sama-sama berisiko terpapar Virus Corona. Walaupun saat ini kita dan keluarga kita semua dalam keadaan sehat, adanya rasa khawatir dan ketidakpastian akan suatu penyakit, apalagi yang bisa mengancam nyawa seperti COVID-19, bisa membuat kita stres.

Ini bukanlah hal yang baik, sebab stres justru bisa memicu beragam penyakit, seperti tekanan darah tinggi atau gangguan tidur. Stres juga dapat memperburuk kondisi penyakit yang sudah kita derita. Jadi, jangan anggap remeh stres.

Salah satu hal yang bisa membuat stres adalah membayangkan biaya perawatan yang mahal jika terkena COVID-19, karena pastinya kita menginginkan perawatan yang terbaik untuk kita atau keluarga kita agar bisa cepat sembuh. Oleh karenanya, memiliki asuransi kesehatan setidaknya dapat mengurangi kekhawatiran kita dalam hal ini. Dengan begitu, kita juga bisa terhindar dari stres yang muncul akibat rasa khawatir.

  1. Membuat diri lebih disiplin

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita akan lebih disiplin dalam mengelola keuangan. Agar uang yang kita dapatkan tidak dihamburkan untuk hal-hal yang tidak penting dan terbuang sia-sia, langsung sisihkan sebagian uang untuk asuransi kesehatan setelah kita memperoleh gaji setiap bulannya.

Saat memilih asuransi kesehatan, pertimbangkan apakah biaya yang harus dibayar secara berkala (biaya premi) sesuai dengan pendapatan kita. Perhatikan juga cara pembayarannya. Selain itu, cermati apa saja manfaat yang akan kita peroleh, pengobatan atau perawatan apa saja yang dijamin, serta bagaimana penggunaan dan cara klaimnya.

Walaupun biaya premi akan menambah pengeluaran kita, ingatlah bahwa kesehatan jauh lebih berharga. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita telah memberikan perlindungan terhadap diri kita dan keluarga kita dari berbagai dampak dan risiko yang bisa muncul akibat menderita suatu penyakit, termasuk COVID-19.

Meskipun begitu, tetap lakukan tindakan pencegahan agar tidak tertular Virus Corona di tengah pandemi ini, ya. Caranya adalah dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, mengenakan masker, rutin berolahraga, serta mengonsumsi makanan bergizi. (Dn)

 

 

 

 

 

Referensi :

www.alodokter.com