Tim SPI – Apa Itu WBS (Whistle Blowing System)? WBS adalah suatu sistem untuk memproses pengaduan / pemberian informasi suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST).

Laporan yang disampaikan harus memenuhi kriteria 5 W 1 H :

WHAT      : apa tindakan yang dilakukan.

WHO        : siapa yang melakukan tindakan.

WHERE   : dimana kegiatan itu dilakukan.

WHY         : mengapa tindakan itu dilakukan.

WHEN      : kapan tindakan itu dilakukan.

HOW        : bagaimana tindakan itu dilakukan.

Apa yang dinamakan Gratifikasi itu?

Gratifikasi itu adalah pemberian berupa : uang, barang, rabat, komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, dan fasilitas lainnya, yang diterima sehubungan dengan jabatan atau kewenangan kita baik di dalam maupun di luar negeri yang dilakukan dengan menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik.

Apa yang dimaksud dengan Benturan Kepentingan (Conflict of Interest)

Benturan kepentingan adalah situasi yang memiliki atau patut diduga memiliki pengaruh kepentingan pribadi / golongan / pihak lain terhadap kualitas keputusan dan atau tindakan pegawai sesuai dengan kewenangannya.

Apa yang dimaksud SPIP (Sistem Pengendalian Internal Pemerintah)?

Adalah suatu proses integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.