Sahabat sehat sering mendengar Diabetes Mellitus (DM)? DM adalah  kelainan metabolisme karbohidrat, glukosa darah tidak dapat digunakan dengan baik sehingga menyebabkan keadaan hiperglikemia. DM merupakan salah satu kelompok penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia karena gangguan sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya.

Bagi penderita DM, kegiatan berpuasa (dalam hal ini puasa Ramadhan) akan mempengaruhi kendali glukosa darah akibat perubahan pola dan jadwal makan serta aktifitas fisik.

Sebagai langkah untuk meningkatkan pengetahuan, maka Tim PKRS bersama ahli gizi RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro mengadakan pendidikan / edukasi kesehatan dengan tema pengaturan pola makan pasien DM pada saat puasa di Bulan Ramadhan di Instalasi Rawat Jalan Terpadu (IRJT).

Mayoritas peserta kegiatan adalah pasien yang menunggu pemeriksaan dokter. Penyuluhan kesehatan berlangsung dengan antusias dari peserta, yang saling memberikan umpan balik atas respon dari pemaparan materi yang telah disampaikan.