SD PL '23052017' - Copy

Generasi muda saat ini perlu memiliki kesadaran akan pentingnya manusia dan nilai-nilai kemanusiaannya serta kesadaran pentingnya pengembangan potensi setiap individu untuk membentuk Indonesia yang bermartabat, maju, bebas dari HIV/AIDS dan narkoba. Dewasa ini HIV & AIDS yang berkembang disebabkan pergaulan bebas yang tidak terkontrol.

Remaja saat ini mudah terpengaruh oleh westernisasi daripada melakukan modernisasi dari segi teknologi dan pendidikan sehingga hal ini pun semakin marak di Indonesia. Begitu pula di masa modern sekarang ini peredaran narkoba juga sudah tidak bisa ditolerir, tidak memandang lingkungan dan usia.

Banyak anak-anak yang masih dalam kondisi labil memerlukan bimbingan dalam proses peralihan menuju kedewasaan, terserang atau tergoda oleh narkoba. Narkoba telah masuk di masyarakat luas, khususnya para remaja yang masih duduk di bangku sekolah. Pengawasan orang tua yang lemah dan kesalahan penafsiran remaja tentang “gaul” yang banyak menyimpang, kemudian diikuti dengan kurangnya wawasan tentang pergaulan bebas dan kontrol sekolah yang lemah adalah contoh-contoh penyebab permasalahan ini.

Sebagai upaya pelaksanaan promosi kesehatan kepada pelajar di sekolah sekitar, Unit Kerja Promosi Kesehatan Rumah Sakit RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten juga melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan dengan Tema Pubertas di Sekolah Dasar Pangudi Luhur Klaten pada Selasa, 23 Mei 2017 pukul 08.00 – 10.30 WIB.

Kegiatan diikuti oleh siswa kelas 6 SD dan diawali pemberian sambutan oleh Kepala Sekolah SD Pangudi Luhur, Bapak Thomas Agung Wibowo, S.Pd.

Program ini sebagai kontribusi RSST dalam aspek promotif, preventif, dan merupakan salah satu program kerja Unit PKRS yang diharapkan mampu meningkatkan derajat kesehatan siswa sekolah sekitar RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.