Posted by Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran at Februari 11, 2022 2:44 pm Informasi Kesehatan

Klaten, Jumat 11 Februari 2022 Tim Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Dr. Soeradji Tirtongeoro bersama dengan mahasiswa Wira Husada Yogyakarta melaksanakan penyuluhan kesehatan dengan tema “Pencegahan Resiko Infeksi Pada Luka Post Operasi”. Acara diselenggarakan di ruang tunggu poliklinik Instalasi Rawat Jalan Terpadu (IRJT) RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro.

Infeksi merupakan masuknya mikroorganisme yang memperbanyak diri di jaringan tubuh yang menyebabkan peradangan. Sedangkan infeksi luka adalah infeksi yang sering ditemukan yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan atau nosokomial. Adapun penyebab infeksi luka operasi yakni adanya benda asing atau jaringan yang sudah mati di dalam tubuh, interaksi antara luka operasi dengan kuman yang ada di kulit, interaksi dengan kuman yang tersebar di udara, luka terbuka dan kotor, gizi buruk, daya tahan tubuh lemah, mobilisasi terbatas atau kurang gerak. Tanda dan gejala infeksi : Rubor (kemerahan), Calor (panas), Tumor (bengkak), Dolor (nyeri) dan Funcio Lasea (hilangnya fungsi).

Berikut adalah cara mencegah luka agar tidak mengalami infeksi :

  • Melakukan Personal Hygiene dengan mandi 2 kali sehari
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalori tinggi protein (TKTP)
  • Mengganti perban secara rutin untuk luka yang dibalut perban, sebaiknya memperhatikan kebersihannya dengan baik. Terutama saat kondisi perban telah kotor atau basah
  • Minum obat sesuai anjuran dokter

Antusiasme peserta sangat baik dan responsif. Sebagai monev penyuluhan kesehatan audien diberikan apresiasi dalam bentuk souvenir.