Sahabat sehat, ngeri nggak sih mendengar kata infeksi? Apalagi infeksi pasca operasi? Jangan sampai ya..

Infeksi sendiri adalah masuknya kuman atau mikroorganisme ke dalam tubuh manusia dan berkembang biak sehinggga menimbulkan gejala penyakit. Penyebab terjadinya infeksi pada luka pasca operasi adalah adanya benda asing atau jaringan yang sudah mati di dalam luka, luka terbuka dan kotor, daya tahan tubuh menurun, gizi buruk, dan mobilisasi terbatas atau kurang gerak.

Sahabat sehat perlu waspada dengan tanda atau gejalanya misalnya merasa panas pada daerah luka atau suhu badan panas, nyeri hebat atau sakit pada daerah luka, terjadi bengkak disekitar luka, luka berbau tidak sedap, dan adanya cairan yang berupa nanah pada luka.

Untuk tindakan preventifnya sahabat sehat bisa melakukan cuci tangan dengan enam langkah, kuku harus bersih dan pendek, jaga kebersihan luka agar tetap kering, tidak boleh memegang area luka, mandi 2 kali sehari,  dan minum obat secara teratur.

Dengan konsumsi makan makanan yang mengandung protein atau Tinggi Kalori Tinggi Protein (TKTP), juga bisa dilakukan agar salah satu luka pasca operasi cepat sembuh.

Sebagai bentuk upaya meningkatkan pengetahuan kesehatan tentang pencegahan infeksi ini, maka dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan dengan tema pencegahan infeksi pasca operasi di ruang tunggu Poliklinik Orthopedi RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro yang dihadiri oleh pasien dan keluarga pasien rawat jalan Poliklinik Orthopedi. Penyuluhan kesehatan ini disampaikan oleh Tim PKRS dan Mahasiswa Unriyo Yogyakarta. Kegiatan penyuluhan kesehatan berlangsung dengan baik dan sangat antusias. Sebagai bentuk evaluasi dilakukan umpan balik juga dengan peserta.