Liza Tri Pamungkas, AMK – Apa Itu Infeksi? Infeksi adalah masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh yang menyebabkan sakit.

▪      Infeksi Nosokomial adalah infeksi yang didapat seseorang dalam waktu 3×24 jam sejak mereka masuk rumah sakit (Depkes RI, 2003). Infeksi nosokomial diakibatkan oleh pemberian layanan kesehatan dalam fasilitas perawatan kesehatan. Rumah sakit merupakan satu tempat yang paling mungkin mendapat infeksi karena mengandung populasi mikroorganisme yang tinggi dengan jenis virulen yang mungkin resisten terhadap antibiotik (Perry & Potter, 2005).

Infeksi Berdasarkan Organismenya :

▪      Virus

Organisme ini menyerang sel dalam tubuh. Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah salah satu contoh jenis virus yang menyebabkan penyakit HIV/AIDS.

▪      Bakteri

Organisme ini dapat melepaskan racun penyebab penyakit. E. coli adalah salah satu contoh jenis bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih.

▪      Jamur

Dermatophytes adalah salah satu contoh jenis jamur yang juga menjadi penyebab kutu air. Jamur ini dapat berkembang biak dengan cepat di lingkungan bersuhu hangat dan lembab.

▪      Parasit

Parasit hidup dengan bergantung pada organisme lain. Plasmodium adalah salah satu contoh jenis parasit yang bergantung hidup di nyamuk dan menjadi penyebab malaria. (alodokter.com, 2020).

Infeksi yang terjadi di rumah sakit atau dalam sistem pelayanan kesehatan yang berasal dari proses penyebaran di sumber pelayanan kesehatan, baik melalui :

▪      Pasien

Pasien merupakan unsur pertama yang dapat menyebarkan infeksi kepada pasien lainnya, petugas kesehatan, pengunjung, atau benda dan alat kesehatan yang lainnya.

▪      Petugas kesehatan

Petugas kesehatan dapat menyebarkan infeksi melalui kontak langsung yang dapat menularkan berbagai kuman ke tempat lain.

▪      Pengunjung

Pengunjung dapat menyebarkan infeksi yang didapat dari luar ke dalam lingkungan rumah sakit, atau sebaliknya yang dapat dari dalam rumah sakit keluar rumah sakit.

▪      Sumber lainnya

Sumber lain  yang dimaksud di sini adalah lingkungan rumah sakit yang meliputi lingkungan umum atau kondisi kebersihan rumah sakit atau alat yang ada di rumah sakit yang dibawa oleh pengunjung atau petugas kesehatan kepada pasien dan sebaliknya.

Tanda Infeksi :

  1. Injury
  2. Rubor, calor
  3. Tumor
  4. Dolor
  5. Loss of function

Cara Pencegahan Infeksi di Rumah Sakit :

Pencegahan Infeksi :

  1. Cuci tangan

Moment Cuci Tangan :

▪      Sebelum kontak dengan pasien

▪      Setelah kontak dengan pasien

▪      Setelah kontak dengan lingkungan pasien

▪      Setelah terkena cairan tubuh pasien

▪      Sebelum ke toilet

▪      Setelah ke toilet

  1. Menerapkan etika batuk yang benar
  2. Nutrisi yang baik

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh :

▪      Bayam

Bayam kaya akan vitamin C, beta karoten, dan antioksidan. Dengan kandungannya ini, bayam dapat membantu meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh untuk melawan infeksi.

▪      Kacang Almond

Kacang almond merupakan sumber vitamin E. Perlu diketahui bahwa vitamin E memegang peran kunci dalam sistem kekebalan tubuh. Selain itu, baik almond maupun kacang-kacangan lainnya memiliki kandungan berbagai vitamin dan lemak sehat.

Tips untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  • Rutin berolahraga
  • Hindari merokok dan minuman beralkohol.
  • Menjaga tekanan darah.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Tidur dan istirahat yang cukup.