Tim PKRS RSST – Beberapa waktu terakhir Corona Virus telah menyerang ribuan orang di berbagai negara. Penyebabnya adalah Corona Virus jenis baru yang disebut dengan Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV). Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, dan bisa menular dari hewan ke manusia. Penularan antar manusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin.

Ada beberapa langkah untuk mencegah Virus Corona yaitu :

  • Mencuci tangan dengan benar

Kebersihan tangan yang baik dilakukan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau cairan antiseptik berbasis alkohol.

Kapan kita cuci tangan?

  1. Sebelum makan
  2. Setelah BAB / BAK
  3. Setelah bepergian
  4. Setelah menjenguk orang sakit
  5. Setelah menyentuh hewan
  6. Jika tangan tampak kotor
  • Menggunakan masker

Apabila tubuh kita sedang sakit flu atau batuk sebaiknya menggunakan masker agar bakteri tidak menyebar ke udara dan tidak menular ke orang lain.

Dan pada saat negeri ini terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) Corona Virus untuk mengantisipasi tertular penyakit tersebut ada baiknya menggunakan masker saat di luar rumah.

  • Menjaga daya tahan tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebaiknya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, seperti sayur, buah dan makanan berprotein seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.
  • Tidak pergi ke negara terjangkit.
  • Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan Corona Virus. Apabila ingin mengonsumsi daging atau ikan, sebaiknya memastikan daging atau ikan sudah dicuci dan dimasak sampai matang. Menghindari mengonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak segar atau busuk.
  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan baik di rumah maupun di tempat tempat umum. (Tn)

 

 

 

Referensi :

  1. https://www.alodokter.com/ketahui-cara-untuk-mencegah-penularan-virus-corona.
  2. www.cdc.gov/COVID19