Pencegahan COVID-19 pada Orang dengan Penyakit Penyerta

PKRS RSST – Pasien konfirmasi positif COVID-19 dengan komorbid atau penyakit penyerta / bawaan menjadi kelompok yang rentan. Bahkan komorbid menjadi penyebab terbanyak kematian pasien COVID-19. Komorbid merupakan suatu keadaan dimana seseorang telah memiliki penyakit yang sudah diderita sebelumnya dan bersifat kronik.

Seseorang dengan komorbid lebih berisiko terkena COVID-19. Salah satunya terkait sistem pertahanan tubuh yang lebih rendah dibanding orang tanpa komorbid. Orang dengan komorbid apabila terjangkit COVID-19 akan memperberat penyakit COVID-19 yang diderita. Beberapa penyakit komorbid juga kondisinya akan menjadi lebih berat.

Beberapa penyakit komorbid antara lain : diabetes mellitus, hipertensi, penyakit jantung, penyakit saluran pernapasan kronis, kanker, serangan jantung atau stroke, ginjal, penyakit terkait geriatri, penyakit terkait autoimun, dan penyakit kronis lainnya.

Bagaimana peningkatan imunitas diri untuk seseorang dengan penyakit komorbid / penyakit penyerta agar tidak terinfeksi Virus COVID-19?

Dalam melawan penyakit COVID-19, menjaga sistem imunitas diri merupakan hal yang penting, terutama untuk mengendalikan penyakit penyerta (komorbid). Terdapat beberapa hal yang dapat meningkatan imunitas diri pada orang yang terpapar COVID-19, antara lain sebagai berikut :

  1. Konsumsi gizi seimbang.
  2. Olahraga rutin yang disesuaikan dengan kondisi komorbid dan hindari stres.
  3. Istirahat cukup
  4. Konsumsi suplemen / vitamin.
  5. Tidak merokok dan minum minuman beralkohol.
  6. Sering memantau kondisi tubuh dengan kontrol secara rutin ke dokter.
  7. Mengendalikan komorbid (misal diabetes mellitus, hipertensi, kanker) dengan baik untuk mencegah munculnya komplikasi dengan menjaga pola hidup sehat dan mengatur pola makan sesuai kondisi komorbid.
  8. Melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat (mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta menjaga kebersihan lingkungan) dan membatasi tatap muka dengan teman dan keluarga serta menghindari kerumuman dan tetap berada di rumah. (Hn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. Kementerian Kesehatan RI. Komorbid Jadi Penyebab Terbanyak Kematian Pasien COVID-19. Artikel ini diambil dari : depkes.go.id. Dipublikasikan pada : Rabu, 21 Oktober 2020.
  2. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Pedoman Penanganan Cepat Medis dan Kesehatan Masyarakat COVID-19 di Indonesia. 2020.
  3. https://covid19.go.id/
  4. https://www.ugm.ac.id/id/berita/20192-cara-mencegah-covid-19-pada-orang-dengan-komorbid.