Posted by Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran at September 22, 2022 2:31 pm Informasi Kesehatan

Klaten, Rabu 21 September 2022, Tim Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) menyelenggarakan penyuluhan kesehatan dengan tema “Penatalaksanaan Pembuatan Alat Bantu bagi Pasien Amputasi Tungkai Bawah”. Narasumber Danny Trias Jatmiko, S.Tr.Kes . Acara diselenggarakan di ruang tunggu Instalasi Rehabilitasi Medik RSST.

Tubuh yang normal dan lengkap memiliki berbagai macam mekanisme yang sangat kompleks. Salah satu mekanisme yang sangat penting adalah pergerakan, terutama pada bagian kaki. Mekanisme pergerakan mencakup tulang, sendi, otot serta interaksi ketiga elemen tersebut melalui sistem syaraf dan otak. Mekanisme pergerakan pada kaki digunakan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, baik dengan cara berjalan ataupun berlari. Selain itu mekanisme pergerakan kaki memungkinkan untuk melakukan sikap tubuh lain seperti jongkok, melompat, berlutut dan bahkan duduk bersila. Namun bagi orang memiliki anggota gerak yang tidak lengkap, misalnya karena mengalami amputasi, maka yang bersangkutan akan mengalami shock dalam menerima kehilangan salah satu anggota tubuhnya. Dalam keadaan seperti itu pasien sangat membutuhkan dukungan secara fisik atupun psikis, dimana salah satu bentuknya adalah melalui alat bantu palsu. Perkembangan alat bantu bawah lutut di Indonesia saat ini belum berkembang sehingga belum dapat menjadikan kaki pengganti berfungsi sebagaimana mestinya dalam menunjang berbagai keinginan dan kebutuhan dalam aktivitas keseharian penggunanya. Sebuah perancangan alat bantu bawah lutut yang bertujuan untuk menyerupai fungsi biomekanik dari bagian tubuh manusia telah dilaksanakan, namun masih menimbulkan masalah kenyamanan dan masih memiliki biaya produksi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk dipasaran.

Penatalaksanaan pembuatan alat bantu

  1. Assessment

Adapun assessment nya meliputi identitas pasien yaitu nama, tempat tanggal lahir, usia, alamat, pekerjaan, riwayat penyakit dahulu, riwayat penyakit sekarang, sebab amputasi, dan kondisi lingkungan.

  1. Pengukuran

Pengukuran dijadikan acuan dalam pembuatan alat bantu, meliputi pengukuran lingkar dan panjang.

  1. Pengambilan cetakan

Pengambilan cetakan negatif cast yang selanjutnya digunakan untuk memproduksi socket (wadah puntung) yang menggambarkan bentuk dan biomekanikal stump (puntung).

  1. Pengerjaan

Pengerjaan, pembuatan socket dan kaki palsu meliputi alignment dan pengepasan kaki palsu.

  1. Finishing dan edukasi

Finishing dan edukasi adalah merapikan kaki palsu dan cara penggunaan serta perawatan kaki palsu.

Cara pemakaian dan pelepasan kaki palsu

  1. Cara pemakaian kaki palsu
  • Pasien duduk
  • Kaki dibersihkan terlebih dahulu
  • Menggunakan kaos kaki
  • Memakai soft socket/ wadah puntung
  1. Cara pelepasan kaki palsu
  • Pasien duduk
  • Kaki palsu ditarik, posisi puntung agak ditekuk
  • Kemudian melepas hard socket

Cara pembersihan dan penyimpanan kaki palsu

  1. Cara pembersihan kaki palsu

Wadah puntung yang terbuat dari spon dibersihkan menggunakan alkohol kemudian dikeringkan lalu diangin- anginkan juga hard socket diangin- anginkan.

  1. Cara penyimpanan kaki palsu

Sebaiknya penyimpanan tidak jauh dari jangkauan pasien, tidak didekatkan pada bahan yang mudah terbakar.

Cara merawat kaki yang diamputasi

  • Dibersihkan setiap hari
  • Untuk menjaga kekuatan otot puntung, sering digerakkan untuk latihan

Cara merawat kaki palsu

  • Lepas kaki palsu saat akan tidur dan periksa kaki palsu untuk memastikan tidak ada bagian yang rusak
  • Periksa bagian pangkal kaki untuk memastikan tidak adanya iritasi, luka, atau infeksi
  • Bersihkan pangkal kaki
  • Pilih sepatu yang pas dan hindari mengubah tinggi hak sepatu
  • Kenakan kaus kaki yang kering dan bersih tiap memakai kaki palsu
  • Bersihkan soket menggunakan sabun secara teratur

Antusias peserta sangat baik serta ada umpan balik pertanyaan dari pasien kepada narasumber.

Daftar Pustaka

  • Junianto Dwi Agung, Djoko Kuswanto. 2018. Desain Kaki Palsu untuk Membantu Aktivitas Berjalan pada Tuna Daksa Transtibial dengan Menggunakan Rapid Prototyping dan Reverse Engineering. Departemen Desain Produk Industri Fakultas Arsisektur Desain dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Jurnal Sains dan Seni ITS Volume 7 Nomer 1.
  • Setiadi Ari. 2018. Desain Simulasi dan Pembuatan Model Prostesis Bawah Lutut Berdasarkan Antopometri Orang Indonesia. Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.