Posted by Sub Bagian Hukormas at Maret 1, 2018 4:49 am Informasi Rumah Sakit, Seminar/Workshop

Petugas kesehatan yang menangani pasien TB merupakan kelompok resiko tinggi untuk terinfeksi TB. Penularan kuman TB di fasilitas pelayanan kesehatan dari pasien ke petugas kesehatan sudah diketahui sejak lama dan angka kejadiannya terus meningkat. Pada saat ini TB seringkali merupakan penyakit akibat kerja / occupational disease untuk petugas kesehatan. Keadaan ini memerlukan perhatian khusus karena akan mempengaruhi kesehatan, kinerja, dan produktivitas petugas kesehatan. Untuk itu pada hari ini Kamis, 1 Maret 2018, dilaksanakan kegiatan Pembekalan Tentang Pelayanan Pasien Tuberkulosis dengan Strategi DOTS dan Pengendalian Penyakit Infeksi Tuberkulosis (PPI TB) Terhadap Profesi Pemberi Asuhan (PPA) Pasien di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, dalam bentuk in house training dengan mengundang berbagai pihak yang terkait dari kalangan internal RSST.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Gedung IGD Lantai 3 ini dibuka oleh Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Eniarti, M.Sc, Sp.KJ, MMR dengan dihadiri 48 peserta.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk persiapan akreditasi SNARS Edisi I Tahun 2018 tentang program nasional sasaran III Penurunan Angka Kesakitan Tuberkulosis pada elemen penilaian standar 31 bahwa rumah sakit menyiapkan sumber daya untuk penyelenggaraan pelayanan dan penanggulangan Tuberkulosis, serta elemen penilaian standar 33 bahwa rumah sakit telah melaksanakan pelayanan TB dan upaya pengendalian factor resiko TB sesuai perundang-undangan serta untuk meningkatkan pengetahuan tentang penyakit TB.