Posted by Sub Bagian Hukormas at Januari 26, 2018 8:00 am Informasi Rumah Sakit

RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro terus berkembang dari waktu ke waktu. Pembangunan gedung baik baru maupun renovasi terhadap gedung lama banyak dilakukan untuk menunjang pelayanan terhadap masyarakat

Pada tahun lalu tepatnya tanggal 9 Maret 2017 telah dimulai proses pembangunan, dengan pengadaan konsultan MK yang dimenangkan oleh PT. Cakra Manggilingan Jaya, dilanjutkan dengan pengadaan konsultan perencana yang dimenangkan oleh PT. Pandu Persada.

Pada tanggal 14 Desember 2017 telah dimulai proses pembangunan fisik yang dilaksanakan oleh pemenang tender, yaitu PT. Sasmito dengan nilai kontrak sebesar RP 63.776.720.000,- (enam puluh tiga milyar tujuh ratus tujuh puluh enam juta tujuh ratus duapuluh ribu rupiah), waktu pekerjaan 300 hari kalender. Proses pembangunan sesuai jadwal direncanakan selesai pada tanggal 9 Oktober 2018.

Bangunan Gedung rawat Jalan Terpadu ini menggunakan struktur beton bertulang dengan struktur bawah menggunakan pondasi bore pile. Bangunan ini terdiri dari 5 lantai dengan luas total 7163 m2 .

Ruang lingkup pekerjaan pembangunan Gedung Rawat Jala Terpadu meliputi :

  1. Pekerjaan struktur
  2. Pekerjaan arsitektur
  3. Pekerjaan mekanikal, elektrikal dan plumbing
  4. Site Development
  5. Selasar Penghubung
  6. Power House

Untuk itu pada hari ini Jumat, 26 Januari 2018, Sekretaris Ditjen Yankes Kementerian Kesehatan RI, Dr.dr. Agus Hadian Rahim, Sp.OT (K) melakukan peletakan batu pertama dalam yang menandai diresmikannya pembangunan Gedung Rawat Jalan Terpadu bersama dengan Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset Teknologi Tinggi, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, Ph.D, serta didampingi oleh Jajaran Direksi RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro serta beberapa tamu undangan.

Tidak hanya itu, pada kegiatan hari ini juga diselenggarakan Seminar Nasional dengan tema “ Tantangan Rumah Sakit Kelas A Pendidikan Kementerian Kesehatan RI”  dengan narasumber yaitu Dr.dr. Agus Hadian Rahim, Sp.OT (K) dan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, Ph.D. Seminar Nasional ini diselenggarakan masih dalam rangka HUT RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro ke 90 th yang jatuh pada tanggal 20 Desember 2017 yang lalu, untuk itu selain adanya sesi penyampaian materi dan diskusi dalam acara ini juga diadakan penandatanganan Prasasti     Pakta Integritas dan Penyerahan Buku “ 90 Tahun RSST Mengabdi” dari Direktur Utama RSST, dr. Alida Lienawati. M.Kes (MMR) kepada kedua narasumber seminar.

Rangkaian acara hari ini ditutup dengan peresmian Pojok Memorabilia yang merupakan cikal bakal/ embrio dari Museum RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro yang diresmikan langsung oleh Dr.dr. Agus Hadian Rahim, Sp.OT (K) selaku Sekretaris Ditjen Yankes Kementerian Kesehatan RI. Pojok memorabilia berisi pameran foto dan tulisan tentang RSST dalam pusaran sejarah pergerakan bangsa, RSST dalam pusaran sejarah berdirinya institusi pendidikan di Indonesia dan kiprah dari dr.KRT. Soeradji Tirtonegoro sendiri.