Pelayanan Fetomaternal

dr. Puska Primi Ardini, Sp.OG (K) – Fetomaternal merupakan salah satu cabang subspesialisasi bagian kandungan dan kebidanan yang menangani masalah penyakit ibu hamil, perkembangan, dan diagnosis gangguan janin dalam kandungan. Pelayanan fetomaternal adalah pemberian layanan kesehatan terhadap kehamilan risiko tinggi. Risiko tinggi yang dimaksud adalah kehamilan yang berisiko menyebabkan terjadinya bahaya dan komplikasi yang lebih besar terhadap ibu maupun janin yang dikandungnya selama kehamilan, persalinan ataupun masa nifas bila dibandingkan dengan kehamilan, persalinan, dan nifas normal. Baik berupa penyakit pada ibu maupun kelainan kongenital yang terjadi pada janin, termasuk penanganan kegawatdaruratan ibu selama hamil, saat melahirkan dan masa nifas.

Ada beberapa kelainan kongenital yang dapat dideteksi melalui fetomaternal ini, antara lain : kelainan kromosom seperti Sindroma Down, Sindroma Edward, Sindroma Patau, kelainan pada dinding perut, ginjal, serta kelainan pada area dada, kelainan jantung bawaan, kelaian pada ekstremitas, atau kelainan pada wajah. Dengan memberikan pelayanan pemeriksaan fetomaternal ini, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten ingin membantu para ibu hamil untuk mendeteksi kelainan yang mungkin terjadi pada ibu dan janin lebih dini.

Tidak jarang dalam penanganan kasus tersebut, seorang ahli fetomaternal berkolaborasi dengan dokter spesialis yang lain, seperti spesialis penyakit dalam, saraf, bedah, anestesi, mata, dan lain-lain. Karena selama kehamilan sering terjadi komplikasi yang tidak terdeteksi pada awal kehamilan, seperti hipertensi gestasional, diabetes gestasional, trombositopenia gestasional, dan lain-lain.

Pelayanan fetomaternal yang saat ini hadir di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten :

–      Konsultasi perencanaan kehamilan untuk calon ibu yang menderita penyakit sebelumnya (DM, Hipertiroid, Hipertensi, dan lain-lain).

–      Pemeriksaan kehamilan berkala untuk kasus-kasus risiko tinggi.

–      Pemeriksaan color-doppler untuk mengetahui kesejahteraan dan perkembangan janin, (seperti kasus : janin hipoksia intra uterin, janin tumbuh lambat, dan lain-lain), kecurigaan pada implantasi plasenta (plasenta adhesiva, plasenta akreta, dan lain-lain).

–      Pemeriksaan ultrasonografi 3D-4D untuk mendeteksi kelainan kongenital janin.

–      Rawat inap isolasi untuk pasien pre-eklampsia berat.

–      Rawat intensif untuk kasus-kasus kegawatdaruratan.

Kegawatdaruratan pasien fetomaternal di RSST sudah dapat dimanajemen secara sinergis mulai dari pelayanan PONEK di IRD, pelayanan rawat intensif, sampai akhirnya ibu dan bayi kembali ke bangsal maternitas. Selain dari rumah sakit di sekitar, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten juga banyak menerima kasus rujukan fetomaternal dari beberapa kabupaten yang berbatasan dengan Klaten, yaitu Boyolali, Sukoharjo, dan Gunung Kidul.  Ke depan harapannya, kami memiliki ruangan khusus maternal care unit (MICU), yang dapat merawat lebih banyak lagi kasus-kasus kehamilan dengan penyulit dan risiko tinggi, karena sejauh ini MICU masih bergabung dengan ICU.