Klaten – Kanker merupakan penyakit mematikan nomor dua di dunia setelah penyakit kardiovaskular yaitu stroke dan penyakit jantung. Sehingga wajar mendapat perhatian yang khusus dalam bidang kedokteran. Onkologi adalah bidang ilmu kesehatan khusus penanganan kanker, mulai dari pemeriksaan kanker sampai perawatan paliatif.

Menurut penelitian WHO menyingkapkan kurangnya tindakan skrining penyakit kanker di Indonesia. Hal ini ikut berpengaruh pada jumlah kematian yang tergolong tinggi karena sebagian besar disebabkan oleh keterlambatan dalam diagnosis. Biasanya, kanker sudah menyebar ke organ lain di dalam tubuh ketika seseorang memeriksakan kondisinya. Inilah penyebab pengobatan yang dilakukan menjadi semakin sulit.

Kementerian Kesehatan selalu berupaya melakukan tindakan pencegahan kanker. Kementerian Kesehatan juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan terhadap jenis dan bahaya kanker dan faktor risiko terjadinya kanker, masyarakat juga perlu memahami bahwa beberapa jenis kanker dapat dicegah melalui deteksi dini. Dengan deteksi dini, kejadian kanker dapat ditemukan lebih awal sehingga keberhasilan pengobatannya semakin besar.

Sebagai dokter spesialis bedah konsultan onkologi di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST), dr. R. Aryo Nindito, Sp.B (K) Onk membahas seputar Kanker dan Pelayanan Bedah Onkologi di RSST pada live talkshow Dokter Menyapa di ADiTV Yogyakarta pada Senin, 16 Desember 2019 pukul 19.30 – 20.30 WIB. Pada segmen tanya jawab, masyarakat dapat aktif mengajukan pertanyaan melalui line telepon ke ADiTV Yogyakarta seputar materi yang telah disampaikan. Antusiasme masyarakat pun sangat luar biasa.