Komunikasi pada prinsipnya merupakan salah satu persyaratan dalam penyelenggaraan layanan kesehatan yang berkualitas. Kualitas pelayanan dipengaruhi oleh dua faktor yaitu pelayanan di bidang teknis medis dan pelayanan di bidang komunikasi. Klien tidak akan puas apabila mendapat pelayanan dari segi medis saja, tanpa diimbangi dengan proses komunikasi yang baik dan komunikatif efektif antara petugas dengan kliennya, demikian pula sebaliknya.

Terbangunnya hubungan baik antara sesama petugas rumah sakit, petugas rumah sakit dengan klien, petugas rumah sakit dengan masyarakat diluar rumah sakit termasuk organisasi yang peduli kesehatan, dll, merupakan hasil dari penyelenggaraan proses komunikasi yang baik. Walaupun ilmu komunikasi telah dipahami oleh petugas kesehatan, namun dalam penerapannya petugas kesehatan belum mampu melakukannya dengan baik. Akibatnya sampai saat ini hubungan diantara sesama petugas rumah sakit maupun hubungan dengan kliennya serta dengan masyarakat masih terdapat banyak permasalahan diantaranya adalah menurunnya utilisasi pelayanan rumah sakit, tingginya jumlah keluhan klien yang tidak puas, menurunnya citra atau image pelayanan yang diselenggarakan rumah sakit, konflik diantara sesama petugas, manajemen rujukan yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, dll. Upaya untuk mengatasi keadaan tersebut adalah dengan meningkatkan kemampuan petugas rumah sakit dalam berkomunikasi. Dalam rangka perwujudan nyata dalam pengembangan kompetensi tenaga pelayanan pasien di rumah sakit yang sekaligus berdampak pada peningkatan mutu dan citra layanan kesehatan kepada masyarakat,   RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro mengadakan Pelatihan Komunikasi Efektif.

Pelatihan Komunikasi Efektif dilaksanakan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro pada tanggal 4, 5, 6, 7 Oktober 2021  secara online, diikuti oleh 25 peserta dari lingkup internal rumah sakit. Pelatihan ini telah terakreditasi oleh Badan PPSDM dengan fasilitator dan pengampu pelatihan dari RSUP dr. Sardjito. Pelatihan dibuka oleh dr. Endang Widyaswati, M. Kes selaku Direktur Utama RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro. Tujuan kegiatan ini peserta mampu menerapkan ketrampilan komunikasi efektif secara optimal dalam pelayanan rumah sakit.