Posted by Sub Bagian Hukormas at November 3, 2017 5:55 am Informasi Rumah Sakit, Seminar/Workshop

pilihan 4 pilihan 3 pilihan 2

GCP (Good Clinical Practice) atau Cara Uji Klinik yang baik (CUKB) merupakan suatu standar kualitas etik dan ilmiah internasional untuk melaksanakan penelitian uji klinik yang melibatkan manusia sebagai subjek penelitian. Seseorang yang akan terlibat dalam sebuah uji klinik, harus mendapatkan training GCP untuk memastikan bahwa keselamatan subjek terjamin dan data penelitian yang dihasilkan kredibel.

Protokol penelitian adalah salah satu syarat yang harus ada sebelum sebuah uji klinik dilakukan. Protokol ini memuat semua pedoman untuk pelaksanaan uji klinik, sehingga harus dipahami isinya oleh peneliti.

Pediatric Research Office FK UGM bersama dengan Bio Farma akan melakukan uji klinik vaksin rotavirus fase 1 di Klaten dengan lokasi penelitian di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro dan Dinas Kesehatan Klaten ( Puskesmas Gantiwarno, Klaten Selatan, dan Ngawen ). Oleh Karena itu, training GCP dan Protokol uji klinik vaksin rotavirus (RV 0177) fase 1 ini dilakukan dengan dibagi menjadi 2 gelombang selama tanggal 30 Oktober – 2 November 2017. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula dan Ruang A Gedung IGD lantai 3 ini dihadiri kurang lebih 110 peserta dari Pediatric Research Office FK UGM, 3 Puskesmas wilayah Klaten (Gantiwarno, Klaten Selatan, dan Ngawen), RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, Rumah Sakit Afiliasi penelitian (RS Cakra Husada, RSIA Aisyiyah, RSI Klaten, RSUD Bagas Waras). Peserta adalah semua orang yang terlibat dalam penelitian, baik dokter, perawat, bidan, farmasis, dan asisten peneliti.

Dengan pelatihan ini peserta diharapkan dapat memahami prinsip Good Clinical Practice (GCP) , memahami alur penelitian dan prosedur yang akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan protocol serta memahami peran masing-masing dalam penelitian sehingga diharapkan dengan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.