Posted by Sub Substansi Hukormas at Maret 16, 2022 4:01 pm Informasi Rumah Sakit

Penyelenggaraan kearsipan menjadi elemen penting dalam dunia pemerintahan yang berperan sebagai sumber informasi dan menjadi alat pengawasan sebagai bukti transparansi kinerja birokrasi. Serta merupakan satu kesatuan penyelenggaraan kearsipan nasional. Pengelolaan arsip di institusi pemerintah menjadi sangat penting karena arsip yang tercipta dapat menggambarkan seluruh aspek aktivitas yang terjadi lembaga tersebut.
Sejak diberlakukannya Perka ANRI No. 7 Tahun 2017 tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip, sudah menjadi keharusan bahwa setiap institusi/ lembaga pemerintah melakukan penataan dan pengelolaan arsip secara baik dan benar. Sampai dengan saat ini RSUP dr Soeradji Tirtonegoro sebagai salah satu institusi pemerintah juga telah melakukan beberapa langkah dan upaya untuk mengelola arsip sesuai ketentuan yang berlaku.
Rabu-Kamis, 16-17 Maret 2022, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten menyelenggarakan Pelaksanaan Penilaian Arsip Usul Musnah RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten tahun 2022 Serta Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis dengan menghadirkan narasumber dari Biro Umum Setjen Kementerian Kesehatan RI dan Bagian Umum Setditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI. Acara diselenggarakan digedung pertemuan lantai 2 dan dimulai pada pukul 13.00 WIB. Acara dibuka dengan sambutan ketua panitia Kemaludin, SKM,MPH dilanjutkan dengan sambutan direktur utama RSST dr. Endang Widyaswati M. Kes. Acara diselenggarakan secara daring dan luring yang dihadiri oleh Direksi, pejabat managerial, pejabat fungsional dan pengelola arsip di lingkungan RSST. Selaku pembicara, Darso ,S.Sos dan Sandra Dewi, S.AP dari Biro Umum Setjen Kementerian Kesehatan RI, sedangkan dari Substansi Umum Setditjen Yankes menugaskan Annisa Febridani, S.Sos, MARS, dan Afi Sukeksi, A.Md.
Acara direncanakan berlangsung selama 2 hari dengan agenda kegiatan antara lain bimbingan teknis, Verifikasi dan penilaian dokumen arsip usul musnah, Survei lapangan dan uji petik, dan Kunjungan ke record center RSST.