Klaten – Hari Anak Nasional atau HAN diperingati pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya. Peringatan HAN ini sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

Melalui peringatan HAN ini diharapkan pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, dan memastikan segala hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

Dalam rangka memperingati HAN Tahun 2019, dan sebagai bentuk kepedulian serta untuk memberikan motivasi kepada seluruh anak Thalassemia, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) melalui Unit PKRS, Instalasi Pemasaran dan Humas bekerja sama dengan Lions Club Klaten melaksanakan agenda temu komunitas Thalassemia beserta keluarga pada Jumat, 20 September 2019 pukul 13.00 WIB di Gedung Pertemuan Lantai 2. Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah yang ditandai dengan kondisi sel darah merah mudah rusak atau umurnya lebih pendek dari sel darah normal. Seseorang yang mengalami Thalassemia perlu melakukan transfusi darah, mengontrol kelebihan kelasi besi, suplementasi folat, dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan ini, Direktur Utama RSST, dr. Endang Widyaswati. M. Kes memberikan sambutannya. Selanjutnya, dr. Hendra Purnasidha Bagaswoto, M.Sc, Sp.A menyampaikan informasi seputar Thalassemia dan dilanjutkan Dra. Karni yang memberikan kelas motivasi kepada seluruh anak Thalassemia. Ada sesi minum obat kelasi bersama juga disela-sela acara tersebut.

Selain itu, juga ada badut di akhir sesi yang semakin memeriahkan acara dan membuat tawa anak-anak semakin pecah.

Kegiatan yang diikuti oleh para orang tua dan anak Thalassemia yang rutin melakukan pengobatan di RSST ini berlangsung lancar. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan RSST lebih optimal dalam melayani dan angka harapan hidup pasien Thalassemia semakin meningkat.