Tim Promkes RSST – Jika kita menderita diabetes, ada terdapat beberapa jenis makanan yang harus kita hindari. Beberapa pantangan yang paling umum antara lain adalah gula, kalori berlebih, dan terutama karbohidrat. Biasanya, penderita diabetes memiliki batasan asupan karbohidrat setiap harinya atau bahkan di setiap jam makan. Pembatasan ini ditujukan untuk kontrol kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes yang biasanya jauh di atas angka normal. Selain itu pantangan tersebut umumnya juga berkaitan dengan jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya. Bagi penderita diabetes, memilih asupan makanan dan minuman merupakan hal yang sangat penting. Hal ini karena ada makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan ada pula yang sebaiknya dihindari.

Tujuannya adalah agar penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang terkontrol dan agar kondisi badan tidak memburuk sehingga terhindar dari penyakit lain yang disebabkan oleh diabetes. Mari kita lihat makanan apa saja yang masuk ke dalam pantangan untuk penderita diabetes berikut ini.

Apa Saja Pantangan Diabetes yang Harus Diperhatikan?

Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi dan yang harus dihindari oleh penderita diabetes berdasarkan jenisnya, antara lain yaitu :

  1. Karbohidrat

Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai sumber tenaga. Namun, penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi nasi putih, roti putih, dan kentang goreng. Untuk memenuhi asupan karbohidrat, Anda dapat memilih beras merah, roti dari biji-bijian utuh, atau ubi jalar yang dipanggang.

  1. Buah Kering

Terdapat banyak buah yang baik untuk penderita diabetes, tetapi buah kering bukan salah satunya. Hal ini dikarenakan proses dehidrasi buah menjadi buah kering menambah kadar gula dan karbohidrat. Bahkan, terdapat beberapa jenis buah kering seperti manisan yang mengandung lebih banyak gula tambahan.

  1. Sereal

Biasa dimakan di pagi hari, sereal ternyata sangat tidak baik untuk penderita diabetes, lho. Kandungan bahan seperti gandum yang sudah diolah dan gula yang melimpah dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Tetapi, terdapat juga sereal yang bisa dikonsumsi penderita diabetes seperti jenis sereal high-fiber dan less sugar.

  1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung gula yang sangat banyak, biasanya minuman soda mengandung tidak kurang dari 10 gram gula. Tak hanya itu, karbohidrat dalam minuman soda juga cukup tinggi.

  1. Jus Kemasan

Jus buah memang baik untuk kesehatan dan dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tetapi, jus kemasan biasanya hanya mengandung beberapa persen buah dan sisanya merupakan campuran air dan takaran gula yang terlalu banyak. Bahayanya, biasanya jus kemasan juga ditambahkan perisa buatan sehingga rasanya menyerupai buah segar dan kamu jadi tidak tahu perbedaannya.

  1. Gorengan

Menggoreng makanan memang tidak apa-apa jika menggunakan minyak sehat seperti minyak zaitun. Tetapi jika dilapisi tepung atau tepung roti, maka jumlah karbohidratnya pun bertambah. Apalagi jika digorengnya di dalam minyak sayur biasa, maka kandungan lemaknya juga akan meningkat.

  1. Permen

Sama seperti minuman soda, sudah jelas bahwa permen mengandung gula yang sangat banyak. Tidak hanya gula, kandungan karbohidrat dalam makanan kecil satu ini ternyata juga cukup tinggi, lho. Sebagai pengganti permen untuk snack yang manis, kamu bisa coba mengkonsumsi dark chocolate. Karena kandungan karbohidratnya tidak setinggi permen dan kandungan nutrisi dalam cokelat juga jauh lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan permen.

  1. Selai

Terdapat banyak jenis selai seperti buah-buahan, kacang, atau coklat. Dalam selai yang mengklaim menggunakan buah segar, biasanya yang digunakan adalah jus dari buah dan ditambahkan gula. Kandungan karbohidrat per sajian dalam selai juga cukup banyak, bisa mencapai 15 gram per sendok makan. Jika masih ingin menggunakan selai untuk sarapan roti setiap pagi, kamu harus beralih ke selai less sugar atau bahkan sugar free agar kadar gula darah dalam tubuh tidak meningkat.

  1. Berbagai Macam Pastry

Baik dalam kemasan atau dijual fresh, pastry seperti donat, cinnamon rolls, danish, croissant dan masih banyak lagi mengandung karbohidrat dan gula yang sangat tinggi.

Apalagi jika ditambah butter dan isian seperti selai atau cokelat.

  1. Protein

Pantangan diabetes berikutnya adalah daging yang digoreng, kulit ayam, ikan goreng, dan tahu goreng. Sebagai gantinya, penderita diabetes bisa mendapatkan asupan protein dari daging dada ayam tanpa kulit, daging yang direbus, tahu kukus atau rebus, ikan panggang, telur, dan kacang-kacangan.

  1. Produk susu

Penderita diabetes juga sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi produk susu. Produk susu yang sebaiknya dikonsumsi adalah susu skim serta yoghurt dan keju rendah lemak. Batasi atau hindari konsumsi susu full cream, es krim, serta yoghurt dan keju tinggi lemak.

  1. Minuman

Air putih merupakan minuman terbaik untuk penderita diabetes. Selain itu, penderita diabetes juga tetap dapat mengonsumsi teh tanpa gula dan kopi dengan susu rendah lemak. Ada beberapa minuman yang menjadi pantangan diabetes, seperti minuman berkafein, minuman beralkohol, atau minuman penambah stamina (energy drink). Hal ini karena ragam minuman tersebut tinggi karbohidrat dan fruktosa. Fruktosa erat kaitannya dengan resistensi insulin dan diabetes, sehingga harus dihindari oleh penderita diabetes.

Jika pantangan diabetes dilanggar :

  • Kadar gula darah dapat mengalami kenaikan dan bahkan tidak terkontrol.
  • Risiko penyakit kardiovaskular dan kerusakan saraf seperti serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah.
  • Kerusakan saraf dapat menimbulkan gejala kesemutan di ujung jari kaki, mati rasa, dan nyeri yang menyebar hingga ke tungkai atas.
  • Komplikasi ini terjadi karena kadar gula yang tinggi dapat melukai dinding pembuluh darah kecil yang berfungsi untuk memberi nutrisi kepada sel-sel saraf.

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. Susanti DN. 2018. Hubungan Pola Makan Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Militus. Jurnal Kesehatan, Akper Adi Husada, Surabaya.
  2. Pangastuti D. 2007. Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Diabetes Meliltus Tipe 2. Jurnal Keperawatan Universitas Muhammadiyah Semarang.
  3. Khairani. 2012. Pengetahuan tentang Diabetes Mellitus dan Upaya Pencegahan Pada Lansia. Jurnal Keperawatan Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Syahkuala Banda Aceh.
  4. National Institute of Health. 2016. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Diabetes Diet, Eating, & Physical Activity.
  5. Cleveland Clinic. 2020. Health. The Top 10 Worst Foods If You Have Diabetes.
  6. Khan, N. & Hatanaka, M. Healthline. 2020. 11 Foods and Drinks to Avoid with Diabetes.
  7. Stöppler, M. MedicineNet. 2021. Diabetic Diet : Foods That Raise Your Blood Sugar Levels.
  8. Dansinger, M. WebMD. 2020. Best and Worst Foods for Diabetes.