Tim PKRS RSST – Pada saat ini, Indonesia bersiap untuk menuju fase new normal life atau kehidupan normal baru dalam menghadapi pandemi Virus Corona yang menyebabkan COVID-19.

Berdasarkan ketentuan WHO, penerapan new normal bisa dilakukan ketika suatu negara atau daerah berhasil mengendalikan angka penyebaran COVID-19. Selain itu juga harus memiliki fasilitas kesehatan yang mumpuni dan risiko lonjakan kasus di tempat yang rentan dapat diminimalisir.

WHO juga menyarankan pencegahan COVID-19 di tempat kerja diberlakukan, pemantauan yang ketat penularan dari wilayah lain dan masyarakat harus dilibatkan untuk memberi pendapat dan masukan dalam transisi menuju new normal.

Untuk kesiapan new normal, Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 juga telah menyusun protokol kesehatan. Selain menaati aturan untuk selalu mencuci tangan, baik menggunakan sabun maupun hand sanitizer, juga ditekankan pentingnya menjaga jarak sosial dan fisik, physical distancing.

Kementerian Kesehatan mengeluarkan panduan pencegahan dan pengendalian COVID-19 di tempat kerja perkantoran dan industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi ini, antara lain :

  1. Perusahaan wajib membentuk Tim Penanganan COVID-19.
  2. Perusahaan memberi kebijakan dan prosedur pekerja melapor setiap ada kasus dicurigai COVID-19.
  3. Tidak memberlakukan kasus positif sebagai suatu stigma.
  4. Pengaturan work from home dan work from office.
  5. Protokol kesehatan di tempat kerja untuk memastikan pekerja dalam kondisi tidak terjangkit COVID-19.
  6. Meniadakan jam lembur.
  7. Jika memungkinkan tiadakan shift tiga (waktu kerja yang dimulai pada malam hingga pagi hari). Jika terpaksa, pekerja berusia kurang dari 50 tahun.
  8. Pekerja wajib menggunakan masker sejak perjalanan dari/ke rumah dan selama di tempat kerja. Jika memungkinkan pekerja diberikan vitamin C.
  9. Pembersihan area kerja setiap 4 jam sekali. Terutama pegangan pintu dan tangga, tombol lift, peralatan kantor yang digunakan bersama.
  10. Mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari masuk ruangan kerja, pembersihan filter AC.
  11. Menyediakan hand sanitizer dengan konsentrasi alkohol minimal 70 persen.
  12. Menyediakan sarana cuci tangan (sabun dan air mengalir). Lalu memasang poster edukasi cara mencuci tangan yang benar.
  13. Pengaturan jarak antar pekerja minimal 1 meter pada setiap aktivitas kerja.
  14. Membiasakan pekerja mencuci tangan di tempat kerja setiap saat.
  15. Hindari penggunaan alat pribadi secara bersama-sama seperti alat shalat, alat makan, dan lain-lain. (Hn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/29/170200923/new-normal-who-tekankan-protokol-kesehatan-dan-jarak-sosial-cegah
  2. https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/29/170200923/new-normal-who-tekankan-protokol-kesehatan-dan-jarak-sosial-cegah?page=2
  3. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-52853144