Posted by Sub Bagian Hukormas at Juni 22, 2017 3:24 am Informasi Kesehatan

pilihan 2Rabu, 21 Juni 2017 yang lalu, tim bedah RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro kembali melakukan operasi yang jarang dilakukan sebelumnya karena kasus ini terjadi pada 1 : 30 juta orang, yaitu operasi Uretrostomi perineal atau pembuatan saluran kencing melalui perineum. Dipimpin oleh dr. Guntur Surya Alam, Sp. A (Konsutan Bedah Anak), operasi berjalan dengan lancar selama kurang lebih 4 jam.

Pasien adalah seorang bayi baru lahir berusia 4 hari yang diketahui tidak memiliki alat kelamin laki-laki (penis) sehingga pembuangan feses dan air kencing menjadi satu pada anus. Untuk itu, setelah berkonsultasi dengan dr. Guntur, dan pihak keluarga sepakat, maka dilakukan operasi pembuatan saluran kencing melalui perineum agar pembuangan feses dan air kencing tidak menjadi satu, yang bertujuan untuk menghindari terjadinya infeksi saluran kencing yang berkelanjutan menjadi infeksi ginjal.

Selain pembuatan saluran kencing, tim dokter juga bekerja sama dengan dokter spesialis bedah Plastik, dr. Bayu Suhartadi, Sp. Bedah Plastik, untuk pembuatan penis aksesoris. Hal ini bertujuan agar ketika pasien beranjak remaja, pasien memiliki identitas sebagai laki-laki namun tentunya hal ini akan dilakukan secara bertahap.

Kedepan perkembangan pasien akan terus dievaluasi. Tidak hanya itu, tim dokter juga akan bekerjasama dengan Psikolog dan Rohaniawan untuk pendampingan psikis dan penguatan iman pasien ketika mulai beranjak remaja.