Tim Promkes RSST – Pandemi COVID-19 pada tahun 2020 membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Semua harus dilakukan di rumah. Belajar, bekerja, beribadah bahkan olahragapun dianjurkan di rumah (Apriyanto et al., 2021).

Pandemi COVID-19 membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu termasuk olahraga. Sebenarnya olahraga bisa dilakukan di luar rumah maupun di dalam rumah. Namun, di masa pandemi Corona, olahraga harus dilakukan dengan cermat dan dipertimbangkan dengan seksama.

Bagi sebagian masyarakat yang gemar berolahraga di luar rumah, kini harus menyiasati untuk tetap membakar kalori meskipun hanya di rumah. Olahraga tetap dilakukan untuk menjaga ketahanan tubuh supaya terhindar dari serangan COVID-19. Cara meningkatkan daya tahan tubuh saat pandemi COVID-19 salah satunya lewat olahraga rutin sesuai kemampuan. Selain olahraga, setiap orang juga perlu menjaga asupan gizi seimbang, tidur cukup dan mengendalikan stres. Setiap aspek tersebut penting untuk menunjang kesehatan terlebih saat terjadi wabah Virus Corona SARS-CoV-2.

Olahraga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Tak pelak, di tengah wabah Virus Corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tetap menyarankan setiap orang sehat agar rutin berolahraga meskipun dilakukan di rumah.

Pentingnya olahraga bukan tanpa alasan. Setiap orang memiliki sedikit sel kekebalan yang beredar di seluruh tubuh. Sel tersebut terkumpul di jaringan dan organ limfoid seperti limpa. Di organ tersebut, tubuh akan membasmi virus, bakteri dan kuman penyakit lain. Olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena aktivitas kontraksi otot ini memacu aliran darah dan getah bening.

Selama pandemi COVID-19, ada kalanya mobilitas sehari-hari menjadi terbatas termasuk olahraga. Agar misi menjaga kebugaran tubuh tidak terganggu, sebaiknya menjalankan olahraga di rumah saat pandemi.

Jenis olahraga di luar rumah saat pandemi COVID-19 diutamakan tetap dapat jaga jarak dengan orang lain serta tidak perlu menggunakan alat kebugaran secara bergantian (free touch activity).

Berikut olahraga yang dapat dilakukan di rumah untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi COVID-19 antara lain :

  1. Jalan cepat

Dapat dilakukan di sekitar halaman rumah / di dalam rumah selama kurang lebih 30-45 menit/hari.

  1. Naik turun tangga

Di rumah 10-15 menit, 2-3 kali/hari.

  1. Jumping jacks

Gerakan sederhana yakni melompat sambil membuka tangan dan kaki lalu mengatupkannya kembali.

  1. Squat atau sit-t stand dengan bangku (gerakan ini dapat membantu kondisi otot dan persendian tubuh bagian bawah menjadi lebih baik.
  2. Wall push up, gerakan dengan menumpukan berat badan pada dinding dalam posisi berdiri.
  3. Hula Hoop

Pandemi bukan menjadi halangan untuk berolahraga, tetapi dapat memberikan motivasi tambahan karena dapat membantu meningkatkan kebugaran. Selain pilihan di atas dapat juga berolahraga di luar rumah. Namun tentu olahraga di tengah pandemi harus selalu memperhatikan protokol pencegahan Virus Corona agar tidak justru merugikan kesehatan.

 

 

 

 

 

Referensi               :

Kristina Putri Cicilia, Maya Kurnia, Husni Fahritsani, Perabunita, Daryono, Ferri Hidayat. Aktivitas Fisik yang Aman Dimasa Pandemi COVID-19 Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh. Universitas PGRI Palembang. Jurnal PKM Ilmu Kependidikan Volume 4 Nomer 2. Hal 2.