Posted by Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran at Februari 18, 2022 4:01 pm Informasi Kesehatan

Jum’at 18 Februari 2022, Tim Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP dr. Soeradji Tirtongeoro Klaten bersama mahasiswa Wira Husada Yogyakarta menyelenggarakan penyuluhan kesehatan dengan judul “Nutrisi Pada Pasien Pasca Operasi”. Acara diselenggarakan di ruang tunggu poliklinik Instalasi Rawat Jalan Terpadu (IRJT) RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro.

Nutrisi adalah makanan yang mengandung cukup nilai gizi dan tenaga untuk perkembangan dan pemeliharaan secara optimal. Diet pasca operasi adalah makanan yang diberikan kepada pasien setelah menjalani pembedahan.

Tujuan pemenuhan nutrisi pada pasien pasca operasi untuk mengupayakan status gizi pasien kembali normal, mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh pasien dengan : memberikan kebutuhan dasar (cairan, energi, protein), mengganti kehilangan protein, glikogen, zat besi, memperbaiki ketidakseimbangan elektrolit dan cairan, mencegah dan menghentikan perdarahan.

Jenis makanan yang diperlukan untuk penyembuhan luka, mencegah terjadinya infeksi dan perdarahan,yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air yang cukup, protein dan vitamin C.

Adapun antusias peserta sangat baik. Sebagai monev penyuluhan kesehatan audien diberikan apresiasi dalam bentuk soevenir.