Tim PKRS RSST – Beberapa daerah di Indonesia sudah mulai melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan bersiap menghadapi new normal atau tatanan normal baru. Kegiatan sosial ekonomi sudah dimulai lagi secara bertahap. Banyak orang mulai bekerja maupun berkegiatan di luar rumah.

Masyarakat yang tidak mempunyai kendaraan pribadi tetap menggunakan transportasi umum seperti : bus, kereta api, dan ojek online. Saat ini pemerintah juga telah menetapkan aturan seperti hanya memperbolehkan transportasi umum mengangkut maksimal 50 persen dari total kursi. Meski demikian, masyarakat dihimbau tetap harus berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penularan COVID-19.

Pada saat menggunakan transportasi umum, kita harus mematuhi protokol kesehatan karena kemungkinan terjadinya kontak fisik dan risiko penularan sangat tinggi. Untuk menekan angka penularan COVID-19, kita harus mematuhi protokol kesehatan saat naik ojek dan transportasi umum, seperti berikut :

  1. Pastikan kondisi sehat (tidak mempunyai gejala COVID-19 seperti panas, batuk kering, nyeri tenggorokan, sesak, dan gejala lainnya).
  2. Menggunakan masker dengan baik dan benar pada saat keluar rumah, baik pada saat menunggu transportasi umum maupun setelah di dalam transportasi umum.
  3. Rajin mencuci tangan, baik sebelum dan sesudah naik transportasi umum. Tetap bawa hand sanitizer dan tisu basah ketika keluar rumah.
  4. Jaga jarak minimal 1 meter, apabila tidak bisa, jaga jarak semaksimal mungkin dengan orang lain baik pada saat menunggu maupun di dalam transportasi umum.
  5. Hindari memegang tiang / pegangan yang berbeda-beda selama perjalanan serta hindari berpindah-pindah tempat duduk / berdiri.
  6. Ingatkan orang lain yang tidak menggunakan masker di dalam transportasi publik agar menggunakan masker.
  7. Biasakan untuk tidak berbicara / mengobrol dengan orang lain di dalam transportasi umum.
  8. Apabila kita menggunakan jasa ojek, baik ojek online maupun konvensional, bawa dan gunakan helm sendiri.
  9. Usahakan pakaian yang digunakan juga berlengan panjang dan tidak ada salahnya kita menggunakan sarung tangan.

Apabila kondisi tidak sehat kita diwajibkan untuk tidak menggunakan transportasi umum dan lebih baik beristirahat di rumah. (Hn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/07/203500365/new-normal-ini-tips-aman-naik-ojek-online-dan-transportasi-umum
  2. tangerangkota.go.id