• Konsumsi kacang hijau membuat rambut bayi lebat?

Memang kacang hijau sangat baik bila dikonsumsi ibu hamil karena mengandung vitamin B, vitamin E dan protein. Nutrisi tersebut memang dapat membantu pertumbuhan bayi. Akan tetapi, rambut bayi lebat atau tidak sebenarnya lebih dipengaruhi genetik orangtua.

  • Minum air kelapa menyebabkan kulit bayi putih mulus?

Air kelapa tidak dapat mengubah warna kulit seseorang, termasuk bayi meski air kelapa mengandung vitamin C yang bisa membuat kulit lebih kenyal. Warna kulit bayi, itu dipengaruhi oleh genetik orangtua. Sedangkan bayi akan bersih kalau terlahir cukup umur, yakni lebih dari 36 minggu karena lemak fernik yang menutupi tubuh janin akan rontok.

  • Tidak boleh berhubungan intim selama kehamilan?

Selama kehamilannya baik-baik saja, tidak ada riwayat perdarahan, infeksi, ataupun posisi plasenta yang menutupi jalan lahir, maka boleh melakukan hubungan intim. Tetapi perlu dicatat bahwa sperma mengandung zat prostaglandin yang dapat menyebabkan kontraksi rahim. Sehingga berikut tips melakukan hubungan intim saat hamil adalah :

  1. Intensitas dikurangi, seminggu 1 – 2 kali.
  2. Memakai atau menggunakan kondom.
  3. Senggama terputus (dikeluarkan di luar).
  • Kondisi wajah saat hamil, dapat menggambarkan jenis kelamin bayi?

Mitosnya adalah jika selama kehamilan, si ibu menunjukkan wajah penuh jerawat dan kusam, maka bayi yang dikandung adalah laki-laki. Hal ini merupakan mitos. Kondisi wajah dan kulit selama kehamilan dipengaruhi banyak faktor seperti hormon, diet dan genetik. Sehingga kondisi wajah ibu hamil tidak mempengaruhi jenis kelamin bayi yang di kandung.

  • Sering minum es akan menyebabkan bayi besar?

Bayi yang besar bukan karena sering mengkonsumsi es, tapi kandungan karbohidrat yang ada dalam minuman es seperti sirup atau sebagainya yang membuat bobot bayi melebihi bobot bayi normal.

  • Minum minyak kelapa agar persalinannya lancar?

Lho kok minum minyak? Minyak itu kan digunakan untuk menggoreng. Entah itu tempe atau kerupuk. Jangan percaya ah! Semua unsur makanan akan dipecah dalam usus halus menjadi asam amino, glukosa, asam lemak, dan lain-lain agar mudah diserap usus.

  • Bibir sumbing karena melihat gerhana?

Bibir sumbing disebabkan karena kelainan genetik pada ibu hamil. Bisa juga terjadi karena infeksi selama masa kehamilan. Semisalnya saja kekurangan nutrisi tertentu seperti asam folat. Begitu juga dengan kebiasaan merokok ibu hamil. Dengan kata lain, bibir sumbing pada bayi tidak ada kaitannya sama sekali dengan fenomena gerhana bulan ya… (dr. Puska Primi Ardini, Sp.OG (K))