Posted by Sub Bagian Hukormas at Juni 13, 2017 5:09 am Informasi Kesehatan

Pada hari Sabtpilihan 2 webu yang lalu, 10 juni 2017, Tim Bedah RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro melakukan operasi super canggih yang baru pertama kali dilakukan di Rumah Sakit ini yaitu operasi Micro Surgery pada Congenital Psudoarthrosis of Left Tibia. Operasi ini merupakan penyambungan pembuluh darah kecil pada tulang Tibia (satu dari dua tulang kering yang lebih besar dan lebih kuat yang berada di bawah lutut pada vertebrata ) yang mengalami kelainan congenital.
Pasien adalah seorang anak laki-laki berusia 4 tahun dengan diagnosa Congenital Psudoarthrosis of Left Tibia. Setelah beberapa kali mendapatkan penanganan di beberapa rumah sakit mengenai kelainannya dan berkonsultasi dengan dr. IDN Suci Anindya, Sp.OT, akhirnya diputuskan untuk dilakukan operasi dengan tindakan vascularized fibular graft. Operasi dilakukan dengan memindahkan/ mengambil tulang fibula ( tulang yang menghubungkan lutut dengan tulang pergelangan kaki ) dari kaki kanan beserta pembuluh darah arterinya lalu disambungkan ke pembuluh darah arteri kaki kiri. Operasi ini dilakukan oleh Tim bedah dari RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro yang dipimpin oleh dr. IDN Suci Anindya, Sp.OT dan bekerjasama dengan tim dari Hands and Micro Surgery Departemen Orthopedi FK UNAIR RSUD dr. Soetomo yang terdiri dari 4 orang dan diketuai oleh DR.dr. Heri Suroto, Sp.OT-K. Dalam operasi tersebut terlihat tim bedah dan dokter yang bekerja sama dengan solid dalam melakukan operasi yang memakan waktu cukup lama yaitu kurang lebih selama 6 jam.
Dengan operasi ini diharapkan pasien dapat beraktivitas dengan normal kembali karena selama ini pasien hanya bisa berjalan dengan merangkak menggunakan lututnya. Hasil dari operasi ini akan terus dipantau oleh tim dengan dilakukan rontgen pada tulang yang telah dioperasi untuk mengetahui perkembangannya.