Tim Humas RSST – Semakin meluas wabah Virus Corona, semakin banyak pula informasi yang beredar perihal upaya untuk membunuh virus tersebut. Salah satunya adalah dengan mesin pengering tangan. Benarkah demikian?

Mencuci tangan dengan benar merupakan langkah sederhana namun efektif untuk mencegah infeksi Virus Corona atau COVID-19. Setelah mencuci tangan, kita dianjurkan untuk segera mengeringkannya. Hal ini karena kuman dan virus, termasuk Virus Corona, lebih mudah menempel pada permukaan tangan yang basah.

Fakta Penggunaan Mesin Pengering Tangan untuk Membunuh Virus Corona :

Kita bisa mengeringkan tangan menggunakan tisu, handuk, ataupun mesin pengering tangan. Mesin ini bisa ditemukan di banyak tempat, seperti toilet pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, atau rumah sakit.

Belum lama ini, beredar rumor yang menyatakan bahwa mesin pengering tangan dapat membasmi Virus Corona. Tidak sedikit orang yang percaya akan hal ini sehingga lebih memilih untuk mengeringkan tangan dengan mesin pengering tangan daripada dengan tisu.

Faktanya, mesin pengering tangan tidak mampu membunuh Virus Corona. Mesin ini sebenarnya hanya menarik udara sekitar dan menyemburkannya kembali dengan kecepatan tinggi. Sebagian mesin dapat menghangatkan udara yang telah ditarik sebelum disemburkan. Namun, ini tidak serta-merta bisa membunuh kuman atau virus di tangan.

Dalam upaya mencegah penularan Virus Corona, kita dianjurkan untuk rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Bila tidak tersedia air dan sabun, hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% bisa digunakan sebagai alternatif.

Cara mencuci tangan yang benar, supaya tangan bersih dari kuman, ikuti langkah mencuci tangan yang benar berikut ini :

  • Basahi tangan dengan air, baik air dingin ataupun hangat.
  • Tuang sabun secukupnya pada tangan. Gosok tangan menggunakan sabun hingga berbusa.
  • Gosok-gosokkan tangan setidaknya sampai 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan dibersihkan, termasuk punggung tangan, sela-sela jari, buku-buku jari, dan kuku.
  • Bilas tangan dengan air mengalir hingga bersih dari sisa sabun.
  • Segera keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, ataupun mesin pengering tangan hingga seluruh permukaan tangan benar-benar kering.

Mengeringkan tangan setelah cuci tangan memang dapat menurunkan risiko terjadinya penularan Virus Corona. Namun, anggapan bahwa mesin pengering tangan dapat membunuh Virus Corona hanyalah hoaks atau berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Di tengah kepanikan masyarakat akan Virus Corona, wajar jika banyak informasi yang simpang siur mengenai virus ini. Namun, kita harus bijak dalam memilah informasi yang bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan kebenarannya. Bila perlu, tanyakan kepada dokter mengenai kebenaran informasi yang kita terima. (Dn)

 

 

 

 

 

Referensi :

www.alodokter.com