Klaten – Setiap orang tua pasti ingin agar buah hati mereka selalu sehat. Dan sebagai orang tua, tentu akan memberikan yang terbaik bagi sang buah hati sejak awal kehidupannya. Mulai dari menjaga kehamilan yang sehat, melahirkan dengan aman dan lancar, hingga mendukung pertumbuhan dan perkembangannya sejak lahir sampai dewasa agar anak tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit, apalagi tindakan operasi atau pembedahan.

Banyak kasus kegawatan dan sering terjadi sejak awal kehidupan, misalnya bayi yang lahir tanpa mempunyai anus, kelainan congenital yang membutuhkan tindakan segera, dan kelainan lain yang sering ditemui.

Pada saat kelahiran bayi, diharapkan semua organ tubuh berada dalam kondisi normal dan sehat. Keadaan bayi yang sehat merupakan salah satu faktor penting yang menunjang harapan hidup seorang bayi yang baru dilahirkan. Pada kenyataannya dalam dunia kebidanan hingga saat ini masih ditemukan beberapa kasus bayi baru lahir dengan penyakit kelainan bawaan.

Faktor resiko yang menjadi pencetus terjadinya penyakit bawaan pada bayi seharusnya dapat dilakukan sedini mungkin sebagai upaya pencegahan terutama pada masa kehamilan. Sayangnya tak semua ibu dan keluarga mengetahui beberapa faktor risiko tersebut. Penyakit bawaan yang terjadi pada bayi selain berdampak terhadap risiko kesehatan juga menjadi beban finansial bagi keluarga mengingat biaya  yang dikeluarkan untuk pengobatan maupun operasi masih relatif mahal. Oleh sebab itu, edukasi mengenai upaya pencegahan kelainan bawaan sangat penting agar menumbuhkan kesadaran bagi para orang tua dan keluarga untuk mengantisipasi sejak masa kehamilan.

dr. Guntur Surya Alam, Sp.B, Sp.BA (K) FICS, Dokter Spesialis Bedah Anak RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) membahas seputar menjaga anak sehat dan terhindar dari operasi serta beberapa kasus kegawatan yang sering terjadi sejak awal kehidupan serta kelainan lain pada bayi yang sering ditemui, pada live talkshow Dokter Menyapa di ADiTV Yogyakarta pada Senin, 22 Juli 2019 pukul 19.30 – 20.30 WIB.

Dalam hal ini disampaikan pula bahwa RSST mempunyai Pelayanan Poliklinik Bedah meliputi Poliklinik Bedah Anak, Poliklinik Bedah Urologi, Poliklinik Bedah Orthopedi, Poliklinik Bedah Syaraf, dan Poliklinik Bedah Plastik yang juga melayani pasien PBI, non-PBI, dan umum. Pelayanan Poliklinik buka pada Hari Senin-Kamis Pukul 07.30 s/d 16.00 WIB, Jumat Pukul 07.30 s/d 14.00 WIB.