Tim PKRS RSST – Per tanggal 10 September 2020 jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia mencapai 207.203 orang, dinyatakan sembuh 147.510 orang, dan meninggal dunia 8.456 orang.

Semakin hari angka kasus memang semakin meningkat, tetapi angka kesembuhan juga semakin meningkat. Pemerintah terus menggalakkan kebijakan-kebijakan sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19. Pemerintah juga terus menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan #PakaiMasker #JagaJarak #CuciTanganPakaiSabun.

Selain hal itu, pemerintah juga telah mengeluarkan protokol isolasi mandiri dengan tujuan untuk mengurangi penularan COVID-19. Sebab Virus Corona mudah sekali menyebar dan dapat menyebabkan gejala yang berat dan berakibat fatal.

Protokol ini tidak diperuntukkan bagi semua orang. Berikut adalah orang-orang yang disarankan untuk melakukan protokol isolasi mandiri :

  1. Memiliki salah satu dari gejala COVID-19 yang ringan, seperti batuk, demam, atau sakit tenggorokan yang bisa diatasi di rumah, dan tidak memiliki penyakit penyerta, seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, atau penyakit paru yang kronis.
  2. Tinggal dengan orang yang memiliki gejala COVID-19.
  3. Telah menjalani rapid test COVID-19 dan hasilnya positif, namun tidak mengalami gejala atau jika hasil rapid test COVID-19 negatif dan menunggu pemeriksaan lanjutan.
  4. Memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di daerah yang endemis COVID-19 (baik di dalam maupun di luar negeri) dalam 14 hari terakhir.

Banyak yang bertanya mengapa orang yang dicurigai COVID-19 harus isolasi setidaknya 14 hari?

Virus corona biasanya menunjukkan tanda dan gejalanya dalam 1 – 14 hari. Karena itu, orang yang dicurigai harus diisolasi selama 14 hari, baik di rumah sakit, rumah atau lokasi lain dan dipantau gejala-gejala umum yang muncul.

Gejala COVID-19 yang umum seperti : demam, rasa lelah, dan batuk kering. Ada juga yang mengalami rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Ada juga yang tidak merasakan apa-apa, seperti orang sehat.

Jika kita pernah berdekatan dengan orang yang memilliki gejala COVID-19 atau berpergian ke tempat terjangkiti, laporkan ke puskesmas terdekat dan lakukan monitoring mandiri. Bila dalam 1 – 14 hari kemudian mengalami gejala, lakukan isolasi diri. Karena orang yang merasa sehat pun bisa saja sedang kena COVID-19. Apabila kondisi memburuk, seperti sesak napas, kontak Rumah Sakit rujukan dan segera periksakan diri. (Hn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://covid19.go.id/
  2. https://corona.jatengprov.go.id/
  3. https://www.alodokter.com/bantu-cegah-penyebaran-covid-19-inilah-protokol-isolasi-mandiri-yang-perlu-diterapkan