Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyebab kematian dan kesakitan yang tinggi. Darah tinggi merupakan pembunuh tersembunyi yang penyebab awalnya tidak diketahui atau tanpa gejala sama sekali. Hipertensi dapat menyebabkan berbagai komplikasi terhadap beberapa penyakit lain, bahkan penyebab timbulnya penyakit jantung, stroke dan ginjal.

Dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia diselenggarakan event internasional “May Measurement Month”. Kelompok Staf Medis (KSM) Penyakit Dalam dan Konsultan Ginjal Hipertensi bersama Unit Promosi Kesehatan RS (PKRS) RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten juga turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut mulai 21  Mei – 31 Mei 2018 di Depan Kantor Instalasi Pemasaran dan Humas RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan antara lain yaitu penyuluhan kesehatan, pengukuran tekanan darah terstandarisasi, dan konsultasi Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Ginjal Hipertensi. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh pengunjung atau pendamping pasien dan/atau karyawan (kecuali pasien) di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai screening untuk Hipertensi pada masyarakat. Kegiatan screening ini sebagai langkah awal untuk mengidentifikasi kondisi Hipertensi dan manajemen tekanan darah pada kondisi Hipertensi pada masyarakat umum.

Data diri dan hasil pemeriksaan masyarakat yang melaksanakan pengukuran dicatat dalam form / lembar pemeriksaan. Masyarakat yang melaksanakan pengukuran juga diberi kartu hasil pemeriksaan dan tips untuk menjaga tekanan darah. Untuk yang mempunyai hasil tensi tinggi dapat konsultasi dengan dr. Fredie Irijanto, Sp.PD, KGH dan dr. Sapto Harsoyo, Sp.PD, KGH.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan di ruang tunggu pengambilan obat / farmasi rawat jalan dengan narasumber dr. Fredie Irijanto, Sp.PD, KGH.