Tim PKRS RSST – Sobat sehat, untuk meningkatkan kesehatan tubuh, dapat dimulai dengan olahraga maupun melakukan aktifitas fisik agar tubuh menjadi sehat dan bugar. Apa itu sehat dan bugar? Mari kita berikan penjelasannya :

Menurut UU No. 36 Tahun 2009, sehat adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sedangkan bugar adalah kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari hari dengan penuh energi dan setelah menyelesaikan kegiatan tersebut masih memiliki semangat dan tenaga cadangan untuk menikmati waktu senggang dan siap untuk melakukan kegiatan lain yang mendadak atau tidak terduga.

Bagaimana ya agar tubuh kita tetap sehat dan bugar? Ada 6 langkah yang dapat dilakukan antara lain :

  1. Perbanyak minum air putih

Ya… air putih memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga tubuh tetap sehat. Air putih membuat tubuh terhidrasi dengan baik, kulit bercahaya, dan membantu Anda mendapatkan energi yang cukup seharian.

  1. Tidur yang cukup

Tidur sangat berperan penting agar organ-organ tubuh beristirahat setelah bekerja seharian. menjadikan kekebalan tubuh meningkat dan kesehatan terjaga.

  1. Olahraga / aktivitas fisik

Bila anda tidak terbiasa berolahraga, cara sederhana yang dapat dilakukan adalah meluangkan waktu untuk berjalan di area kantor. Gerakan yang konstan membuat sirkulasi darah dan oksigen di dalam tubuh menjadi lancar dan anda merasa segar seketika.

  1. Menjaga pola makan

Perhatikan asupan makanan anda. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa jika anda mengontrol asupan makanan, maka anda sudah dapat mencegah beberapa penyakit seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

  1. Lakukan pemeriksaan ke dokter

Rutin memantau kondisi kesehatan akan membantu dalam pencegahan penyakit.

  1. Selalu berpikir positif

Pikiran positif dapat membantu mempertahankan kekebalan tubuh. Mari mulai hilangkan pikiran-pikiran negatif dan coba untuk fokus pada hal-hal yang positif. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. infeksiemerging.kemkes.go.id
  2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2698360/6-cara-agar-tubuh-bugar-sepanjang-hari.
  3. https://www.instagram.com/p2ptmkemenkesri/