Tim Promkes RSST – Hidup sehat bebas dari penyakit dapat diperoleh dengan menerapkan perilaku CERDIK. Apa itu CERDIK? CERDIK merupakan perilaku hidup sehat yang dapat menjauhkan dari Penyakit Tidak Menular (PTM).

Kementerian Kesehatan mengajak masyarakat untuk CERDIK dalam mengendalikan Penyakit Tidak Menular (PTM). Mari menuju masa muda sehat, hari tua nikmat tanpa penyakit tidak menular dengan perilaku CERDIK. CERDIK adalah slogan kesehatan yang setiap hurufnya mempunyai makna yaitu :

C = Cek kesehatan secara rutin

Sebaiknya mau memeriksakan diri dengan melakukan deteksi dini, khususnya bagi yang berisiko tinggi Penyakit Tidak Menular / PTM.

Berkonsultasilah ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat bila mempunyai keluhan kesehatan.

E = Enyahkan asap rokok

Dapat dilakukan dengan upaya tidak merokok.

R = Rajin aktifitas fisik

Meningkatkan aktivitas fisik secara progresif untuk mencapai tingkat moderat (seperti jalan cepat), kurang lebih 30 menit perhari.

Mengontrol berat badan dan menghindari kelebihan berat badan dengan mengurangi makanan berkalori tinggi dan melakukan aktivitas fisik yang cukup.

D = Diet sehat dengan kalori seimbang

Membatasi konsumsi gula, garam dan lemak yang tinggi.

Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

I  = Istirahat cukup

Istirahat yang cukup 7-8 jam.

K = Kelola stres

Kelola stres dapat dilakukan dengan berpikir positif, tidur yang cukup, tertawa, berolahraga, meditasi, mendengarkan musik, membangun hubungan positif, menyeleksi yang kita baca, dengar dan lihat, mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Berikut ini adalah anjuran dari Kementerian Kesehatan dalam pencegahan penyakit tidak menular yaitu :

  1. Tidak merokok
  2. Membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak berlebihan.
  3. Mengkonsumsi buah dan sayur.
  4. Melakukan aktifitas fisik.
  5. Cek Kesehatan secara teratur.

Program CERDIK merupakan langkah preventif agar masyarakat yang sehat dapat terhindar dari Penyakit Tidak Menular (PTM). Indonesia menghadapi transisi epidemiologi dalam masalah kesehatan dimana penyakit menular belum dapat teratasi sementara penyakit tidak menular termasuk cenderung meningkat.

Masalah kesehatan tidak dapat diselesaikan oleh sektor pemerintah saja, juga diperlukan kerja sama yang baik antara pemerintah dan organisasi masyarakat, para ahli dan masyarakat pada umumnya. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. https://rsudsoediranms.com
  2. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id
  3. Anita Fransiska, Yunita Carolina. Sr. Anita Sampe. SJMJ. Felisima Ganut. Efektivitas Perilaku CERDIK dan Patuh untuk Mencegah Stroke Berulang. JIKSH : Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada. Keperawatan Medikal Bedah STIK Stella Maris Makassar. Hlm. 122.