Tim PKRS RSST – Bersepeda atau gowes menjadi trend saat ini, menjadi olahraga favorit dari banyak orang karena selain menyehatkan  dan bisa menjadi alternatif menghilangkan stres di tengah situasi pandemi. Namun apakah kita tahu sebenarnya manfaat sehat yang didapat dari bersepeda itu sendiri?

Berikut manfaat sehat yang bisa didapat dari bersepeda :

  1. Meningkatkan mood dan mengurangi stres

Sebuah penelitian di Kanada menunjukkan bahwa bersepeda ke tempat kerja adalah cara efektif untuk mendapatkan mood terbaik.

Karyawan yang bersepeda teramati punya level stres yang lebih rendah dibandingkan mereka yang mengendarai kendaraan seperti mobil.

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini dibuktikan dalam studi di Denmark yang menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua.

Mereka yang rutin bersepeda menuju tempat kerja memiliki risiko penyakit kardiovaskular 11 persen lebih rendah.

Bahkan yang hanya sesekali bersepeda, risiko kematian dini berkurang hingga 8 persen.

  1. Mengurangi risiko kanker

Mempertahankan pola makan yang sehat dan bersepeda secara teratur, bisa membantu mengurangi risiko kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan, bahwa orang yang memiliki tubuh bugar bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bahwa manfaat bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

  1. Menangkal diabetes

Diabetes juga bisa dicegah dengan gaya hidup aktif  dan bugar. Penelitian di University of Southern Denmark menyebutkan, risiko terkena diabetes lebih rendah pada orang-orang yang rutin bersepeda. Makin rajin bersepeda makin rendah risiko terkena penyakit tersebut.

  1. Meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi otot tubuh

Bersepeda dapat mencegah mengalami patah tulang akibat jatuh. Meskipun bersepeda tidak secara khusus membantu osteoporosis, namun, bersepeda merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis, karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi.

Sebuah studi juga menemukan bahwa setelah mulai bersepeda, kondisi pasien lansia dengan nyeri lutut dan osteoartritis semakin membaik.

  1. Memangkas berat badan

Ini salah satu tujuan yang mungkin dicari, terutama bagi yang memiliki kelebihan berat badan. Bersepeda termasuk salah satu  olahraga yang efektif memangkas berat badan. Sebuah penelitian di Inggris yang melibatkan lebih dari 150.000 partisipan mengonfirmasi bahwa pengendara sepeda mempunyai indeks massa tubuh yang lebih ideal dibanding mereka yang berpergian dengan kendaraan bermotor.

Banyak manfaat yang didapat dari bersepeda. Namun selalu diingat, di tengah pandemi COVID-19 pesepeda harus tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan, salah satunya yaitu disiplin menerapkan protokol kesehatan. (Lt)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. https://www.instagram.com/p2ptmkemenkesri/?hl=id.
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-bersepeda-bagi-kesehatan/#gref.