Tim Promkes RSST – Lidah buaya memang sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat memiliki banyak khasiat yang luar biasa baik itu untuk kesehatan maupun untuk kecantikan, wajah, rambut, dan bibir. Sering kita temui adanya produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar atau bahan campuran. Tentu sudah tidak perlu kita ragukan lagi khasiat dari lidah buaya itu sendiri.

Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat karena apa yang ada di dalam lidah buaya memang sangat bermanfaat. Kandungan dalam lidah buaya antara lain : protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Beberapa manfaat yang diperoleh dari lidah buaya adalah sebagai berikut :

  1. Manfaat lidah buaya untuk rambut.

Sudah lama tanaman lidah buaya digunakan untuk rambut. Namun, sebagian orang tak begitu paham manfaat spesifiknya. Padahal, tanaman lidah buaya ini memiliki segudang manfaat bagi rambut seperti berikut ini :

  • Lidah buaya untuk menghitamkan rambut.
  • Lidah buaya untuk membuat rambut berkilau.
  • Lidah buaya untuk mencegah rambut rontok.
  • Lidah buaya untuk menguatkan akar rambut.
  • Lidah buaya untuk menghilangkan ketombe.

Selain dengan dipakai secara langsung atau tradisional, manfaat lidah buaya untuk rambut juga dapat Anda dapatkan dengan cara lain. Salah satunya dengan menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung kebaikan alami lidah buaya yang juga diformulasikan dengan sea kelp dan antioksidan seperti shampo dan kondisioner dari Herbal Essences Bio : Renew. Produk shampo dan kondisioner dengan 0% Paraben, Pewarna, dan Gluten ini juga memiliki pH seimbang sehingga aman untuk rambut yang diwarnai.

  1. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan.
  • Lidah buaya untuk mempercepat penyembuhan luka luar.

Aloe vera atau lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka luar. Dan juga kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri sehingga mempercepat pemulihan luka.

  • Lidah buaya untuk mengatasi iritasi.

Kadang tanpa ada sebabnya kulit mengalami iritasi atau radang seperti eksim, psoriasis, atau rosacea. Untuk mengatasi iritasi dan radang tersebut tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengobati dengan menggunakan lidah buaya.

  • Lidah buaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Lidah buaya akan membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Anda bisa mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman yaitu jus atau suplemen lidah buaya.

  • Lidah buaya untuk membasmi plak gigi.

Lidah buaya yang digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak di gigi memiliki efek yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

  • Lidah buaya untuk menjaga kadar asam tubuh.

Dengan meminum jus lidah buaya secara rutin, sifat alkalinya akan membantu menjaga kadar asam dalam tubuh atau menyeimbangkan keasaman tubuh.

  • Lidah buaya untuk membantu proses detoksifikasi.

Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Dengan rajin mengkonsumsi lidah buaya, proses detoksifikasi dalam tubuh akan lebih cepat karena dibantu oleh manfaat lidah buaya itu sendiri.

  • Lidah buaya untuk mengurangi berat badan.

Seperti yang telah dibahas pada poin 6, bahwa lidah buaya akan sangat membantu proses detoksifikasi, maka secara langsung juga akan membuat proses metabolisme dalam tubuh meningkat sehingga tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh serta pencernaan akan terjaga kesehatannya.

  • Lidah buaya untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

Lidah buaya akan membantu meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen sehingga masalah kesehatan kardiovaskular seperti jantung dapat diminimalisir.

  • Lidah buaya sebagai sumber asam amino.

Minuman jus lidah buaya mengandung 7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri. Karena itu, lidah buaya dapat memenuhi kebutuhan asam amino Anda.

  • Lidah buaya sebagai sumber vitamin dan mineral.

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian pembukaan, banyak sekali kandungan lidah buaya yang berguna bagi tubuh kita. Maka dari itu dengan mengkonsumsi lidah buaya, maka kebutuhan vitamin dan mineral kita akan terpenuhi.

  1. Manfaat lidah buaya untuk wajah dan kulit tubuh.
  • Manfaat untuk wajah yaitu : lidah buaya untuk membasmi jerawat, untuk menghilangkan bekas jerawat, untuk mencerahkan kulit wajah, untuk menghilangkan komedo, untuk mengecilkan pori-pori wajah, dan untuk menghaluskan wajah.
  • Manfaat lidah buaya untuk kulit tubuh yaitu :

Lidah buaya sebagai tabir surya alami, untuk mengobati sengatan matahari pada kulit, untuk melembabkan kulit, untuk mencerahkan kulit, dan untuk menghilangkan bekas luka di kulit.

Selain menggunakan masker untuk wajah, Anda juga bisa mengaplikasikan lidah buaya pada seluruh kulit Anda untuk mendapatkan manfaat di atas.

  1. Manfaat lidah buaya untuk bibir.

Lidah buaya untuk menghaluskan bibir, untuk membuat bibir merah alami,  untuk melembabkan bibir, dan untuk kulit bibir pecah-pecah.

Dapatkan bibir merah merona dengan mengoleskan lidah buaya setiap hari pada bibir Anda. (Pt)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. Puji widodo dan Uning budiharti. 2006. Berjuta Manfaat Lidah Buaya. Jurnal Pertanian, Penelitian dan Pengembangan Departemen Pertanian.
  2. Etis Wicaksono. 2018. Pemanfaatan Ektrak Daun Lidah Buaya dan Ektrak Daun Seledri Untuk Pertumbuhan Rambut. Fakultas Ilmu Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  3. Fitriana Ratnaningtyas, dkk. 2010. Pemanfaatan Lidah Buaya Dalam Pembuatan Sabun Mandi Organik Serbaguna. Jurnal Kreatifitas Mahasiswa, Universitas Negeri Malang.
  4. Misbah Intan Nurcahaya. 2015. Pengaruh Ektrak Lidah Buaya Terhadap Peningkatan Jumlah Fibrobalas Pada Proses Penyembuhan Luka Mukosa Rongga Mulut. Jurnal Ilmiah Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammmadiyah Surakarta.