Tim Promkes RSST – Lemon merupakan salah satu buah yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang asam membuat lemon jarang dikonsumsi langsung, sehingga sering dicampur dengan makanan atau minuman lain, seperti salad atau teh hangat, untuk memberikan cita rasa yang segar. Lemon mengandung beragam nutrisi yang menjadikannya baik untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah penyakit jantung.

Rasa asam yang kuat pada lemon ini berasal dari kandungan asam sitrat, yaitu senyawa asam yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Dalam Lemon

Di dalam 100 gram lemon, terkandung sekitar 29 kalori dan beragam nutrisi berikut ini :

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Gula
  • Serat
  • Kalium
  • Kalsium
  • Berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C

Selain itu, lemon juga mengandung fosfor, magnesium, zinc, dan berbagai jenis antioksidan, seperti hesperidin, diosmin, dan eriocitrin.

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

1.     Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat utama lemon adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.
Tidak hanya itu, kandungan antioksidan di dalam lemon juga dapat melindungi tubuh dari bahaya efek radikal bebas. Bahkan, beberapa penelitian telah mengungkapkan berbagai potensi lemon untuk menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker.

2.     Menyehatkan saluran pencernaan

Lemon mengandung pektin, salah satu jenis serat larut yang bermanfaat untuk menyehatkan saluran cerna dan mengatasi beragam masalah pada pencernaan, seperti konstipasi.

Kandungan serat di dalam lemon juga dapat memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan mencegah kenaikan gula darah secara drastis. Hal ini menjadikan lemon baik dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah.

3.     Memelihara kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan, vitamin, dan serat di dalam buah sitrus, seperti lemon dan jeruk nipis, dapat menjaga tekanan darah, mengatasi kolesterol tinggi, dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Kombinasi manfaat tersebut menjadikan lemon baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

4.     Mencegah anemia

Anemia defisiensi besi adalah salah satu jenis anemia yang terjadi karena tubuh kekurangan zat besi, sehingga jumlah sel darah merah yang sehat berkurang. Penyakit ini bisa membuat penderitanya mudah lelah dan lemas karena asupan oksigen dalam tubuh tidak tercukupi.

Untuk mencegah anemia defisiensi besi, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang dapat memaksimalkan penyerapan zat besi, seperti lemon.

5.     Mencegah pembentukan batu ginjal

Kandungan asam sitrat dalam lemon mampu meningkatkan volume dan nilai pH urine, sehingga dapat mencegah batu ginjal. Tidak hanya itu, lemon juga dipercaya dapat memecah batu ginjal menjadi lebih kecil, sehingga mudah dikeluarkan bersama urine.

Meski demikian, efektivitas, dan tingkat keamanan dalam mengonsumsi lemon untuk mencegah pembentukan batu ginjal masih perlu diteliti lebih lanjut.

6.     Menjaga kesehatan kulit

Lemon juga dapat menjaga kelembapan kulit, membuat kulit terlihat lebih segar, dan bahkan mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus.

Ini berkat kandungan vitamin C pada lemon mampu meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein yang berperan penting dalam mempertahankan elastisitas dan kesehatan kulit.

7.     Menjaga berat badan

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang rendah kalori dan lemak, sehingga baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet.

Tidak hanya itu, kandungan serat dalam lemon juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk ngemil atau makan berlebihan pun bisa berkurang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengonsumsi Lemon

Meski dapat memberikan banyak manfaat, sebagian orang perlu berhati-hati dalam mengonsumsi lemon.

  1. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat menimbulkan nyeri ulu hati pada kondisi tertentu, seperti pada penderita penyakit asam lambung atau GERD. Bila Anda menderita penyakit asam lambung, sebaiknya hindari konsumsi lemon saat perut sedang kosong atau menjelang waktu tidur, sebab hal ini dapat membuat asam lambung mudah naik ke tenggorokan dan menimbulkan rasa nyeri.
  2. Kandungan asam sitrat pada lemon juga dapat mengikis enamel gigi. Untuk menghindari hal ini, Anda disarankan berkumur dan menyikat gigi setelah mengonsumsi lemon agar asam tidak menempel pada permukaan gigi. (Pt)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. Maria Silalah. 2020. Pemanfaatan Jeruk Lemon Sebagai Bahan Pangan, Obat dan Bioaktivitas. Jurnal Ilmiah MIPA, Prodi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Indonesia Jakarta.
  2. Sarwono B. 2006. Khasiat dan Manfaat Jeruk Lemon. Agro Media Pustaka, Jakarta.
  3. Taher, et al. 2020. Citrus Flavonoids In Preventing Cardiovascular Diseases. Plant-Derived Bioactives.
  4. Dogra, S. & Dhasmana, A. 2019. Bio-Remedies to Cure Premature Aging and for Healthy Skin. International Journal of Research and Analytical Reviews.
  5. Mahmoud, et al. 2019. Beneficial Effects of Citrus Flavonoids on Cardiovascular and Metabolic Health. Oxidative Medicine and Cellular Longevity.
  6. Potential of Citrus Juices and Their Extracts : a Systematic Review of Both Preclinical and Clinical Studies. Frontiers in Pharmacology.
  7. S. Department of Agriculture. 2019. Food Data Central. Lemons, Raw, without Peel.
  8. Victoria State Government Australia. 2019. Betterhealth Channel. Dental Erosion. Johns Hopkins Medicine. GERD Diet : Foods That Help with Acid Reflux (Heartburn).
  9. Mayo Clinic. 2019. Symptoms & Causes. Iron Deficiency Anemia.
    Hochwald, L. Everyday Health 2020. 21 Tips for Weight Loss That Actually Work
    .
  10. Laskey, J. Everyday Health. 2017. 8 Lemon Hacks for Boosting Health and Flavor.
  11. Bjarnadottir, A. Healthline. 2019. Lemons 101 : Nutrition Facts and Health Benefits.
  12. Maggie, B. Healthline. 2019. Lemons and Diabetes : Should They be Included in Your Diet?