dr. Puska Primi Ardini, Sp.OG (K) – Pada umumnya, pria memproduksi sperma setiap saat. Namun jumlah dan mutunya tergantung pada apa yang dikonsumsi. Agar sperma berkualitas, pilihlah makanan yang kaya asam lemak essensial, vitamin A, B, C, dan E, mengandung seng dan magnesium.

TOMAT

Jangan menganggap remeh tomat. Kulit dan daging buahnya yang merah terbukti sarat kadar likopen yang mengandung senyawa antioksidan. Likopen mampu membuat sperma yang lebih gesit. Jika anda termasuk pria yang kurang subur, rajin minum jus tomat dijamin mampu meningkatkan jumlah sperma secara nyata.

JAMBU BIJI

Khasiat jambu biji bukan hanya untuk menangkal demam berdarah saja. Likopen dalam jambu biji lokal merah bersifat antioksidan. Berkhasiat menyuburkan sistem reproduksi pria dan mampu meningkatkan vitalitas. Mengkonsumsi jus jambu biji merah secara rutin akan mendongkrak kesuburan para pria. Satu buah jambu biji sama dengan 80 mg likopen.

WORTEL

Sebagai sayuran kaya nutrisi juga gudangnya betakaroten, mampu mencegah penimbunan gula darah dan kerak lemak penyebab impotensi. Senyawa porfirin mendorong kelenjar pituitary agar meningkatkan hormon testosterone. Kandungan testosteron dalam darah meningkat maka gairah seksualpun semakin membara.

SEMANGKA

Mengandung salah satu komponen karotenoid, yaitu likopen. Selain sebagai antipenuaan dini dan kanker, kadar likopen pada semangka mampu memperbaiki kesuburan dan mendorong gairah seks pria. 1/2 bagian semangka setara dengan 20 mg likopen.

KEMANGI

Daya tahan hidup sperma penting, agar proses pembuahan sel telur berhasil. Daun kemangi selain berkhasiat menghilangkan bau badan dan bau mulut, ternyata mengandung arginin yang memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, dan menurunkan gula darah.

DAUN KATUK

Daun katuk terbukti berkhasiat menambah kesuburan, menambah mutu dan jumlah sperma. Tujuh senyawa aktif yang dikandungnya dapat merangsang sintesis hormon-hormon steroid. Dalam tubuh pria senyawa aktif ini merangsang pembentukan hormon keperkasaan dan produksi sperma pun melaju pesat seiring dengan peningkatan kualitasnya.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Jangan ragu-ragu lagi terapkan sedini mungkin pola hidup dan makanan sehat untuk kesehatan reproduksi anda!