Tim Promkes RSST – Sudah tau dong ya libur nasional Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili jatuh pada Hari Jumat, 12 Februari 2021 besok? Jadi long weekend dong… Banyak yang merencanakan liburan di luar ya?

Eits… Angka kasus COVID-19 semakin melambung tinggi lho. Data terbaru update 10 Februari 2021, kasus terkonfirmasi positif sebanyak 1.183.555 orang, sembuh 982.972 orang, dan meninggal dunia 32.167 orang. Masih yakin tetap mau liburan di luar rumah?

Pemerintah pun menghimbau kembali agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan 5M, Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Mengurangi mobilitas, dan Menjauhi kerumunan.

Semakin banyak masyarakat yang abai dengan protokol kesehatan, seperti tingginya mobilisasi saat libur long weekend akan memperburuk pandemi di Indonesia.

Pemerintah pun secara khusus menegaskan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) menerapkan 5M. Terutama mengenai aturan khusus untuk memperketat serta mengatur mobilitas perjalanan, seperti bepergian ke luar daerah dan mudik. Larangan ini merupakan salah satu upaya mencegah potensi peningkatan kasus COVID-19 akibat perjalanan atau mobilitas saat libur nasional Tahun Baru Imlek.

Pengaturan mobilitas bagi ASN ini tercantum dalam Surat Edaran MENPANRB No. 4/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah Bagi Pegawai ASN Selama Libur Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili Dalam Masa Pandemi COVID-19. Selain itu Satgas Penanganan COVID-19 juga telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi COVID-19 yang berlaku efektif mulai 9 Februari 2021.

Hal ini sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran COVID-19. Terutama mengantisipasi terjadinya lonjakan angka kasus positif COVID-19.

Akan tetapi, kebijakan larangan ini tidak akan berarti apabila tidak disertai ketegasan dan konsistensi penerapan di lapangan. Selain itu, penting sekali peran kepatuhan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan tersebut. Sudah menjadi tanggung jawab kita untuk menekan penularan COVID-19.

Tetap urungkan keinginan kita untuk bepergian di akhir pekan ini. Libur Imlek #TetapDiRumahAja. (Hn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. https://covid19.go.id/
  2. kemkes.go.id
  3. Enrico William Bossi Hamonangan Marpaung. 2020. New Normal : Penuh Risiko, Tapi Harus Dilakukan. Universitas Indonesia.